PT Surapita Unitrans Luncurkan Kawasaki Versys-X 250 di Jawa Timur


Motor yang sangat ditunggu-tunggu oleh penggemar adventure-tourer akhirnya telah sampai di Surabaya. PT Surapita Unitrans selaku main dealer Kawasaki di Jawa Timur telah resmi meluncurkan Versys-X 250 pada Sabtu (21/1/2017) malam kemarin bro! Boleh dibilang Versys-X 250 merupakan motor yang sedikit nakal, karena memiliki desain keren sebagai kendaraan komuter di kota, nyaman digunakan dalam perjalanan touring jarak jauh baik sendiri maupun boncengan, dan nggak canggung melibas jalan non-aspal hingga bebatuan. Motor ini benar-benar cocok buat para penggemar petualang dengan motor!

Dalam konferensi pers kemarin, General Manager PT Surapita Unitrans (Jawa Timur) dan PT Duta Intika (Bali) Pak Calvin Gazali mengatakan bahwa Versys-X 250 merupakan pioner di segmen motor adventure-tourer 250 cc di Indonesia, bahkan dunia. Hal itu memang nggak salah, soalnya belum ada pabrikan motor lain ntah itu dari Jepang maupun dari Eropa yang menjual motor adventure-tourer 250 cc. Dan untuk kesekian kalinya pula Kawasaki menjadi first mover di segmen yang benar-benar baru.

“Produk ini adalah pertama kali di dunia ada mesin kapasitas 250 cc dengan dua silinder yang bisa dual purpose. Pabrikan lain nggak ada sebelumnya yang punya 250 cc dua silinder dengan karakter dual purpose,” ungkap Pak Calvin saat konferensi pers di Kantor Pusat PT Surapita Unitrans Jalan Jemursari No. 156-158 Surabaya, Sabtu (21/1/2017)

Pada dasarnya Versys-X 250 menggunakan basis mesin yang sama dengan Ninja 250/Z250, berupa mesin berkapasitas 249 cc, parallel-twin, DOHC, 4-stroke, 8-valve, dan berpendingin cairan. Meskipun basisnya sama, faktanya mesin Versys-X 250 memiliki karakter yang benar-benar berbeda dibandingkan dengan Ninja 250/Z250. Pertama, power dan torsi Versys-X 250 lebih tinggi ketimbang Ninja 250/Z250. Versys-X 250 mampu mengeluarkan tenaga sebesar 34 PS dan torsi 21,7 Nm, sedangkan Ninja 250/Z250 powernya sebesar 32 PS dengan torsi 21 Nm. Kedua, perhatikan header knalpot Versys-X 250 yang dibuat lebih banyak lekukan daripada Ninja 250/Z250. Apa fungsinya? Tentu saja untuk mendapatkan karakter torsi yang kuat dan smooth di putaran mesin rendah hingga menengah, sekaligus power yang galak di putaran atas. Gampangnya, motor ini nggak ndut-ndutan ketika slow speed melintasi jalan bebatuan atau off road, tapi cruising speed-nya tetap tinggi. Benar-benar karakter yang sangat tepat bagi sosok motor adventure. Lebih menarik lagi karena fitur slipper clutch sudah menjadi standar pada Versys-X 250.

Basis mesin boleh sama dengan Ninja 250/Z250 yang di-tuning ulang agar karakternya cocok sebagai mesin adventure-tourer. Tapi kalau ngomongin soal frame, benar-benar beda total. Versys-X 250 menggunakan frame dengan tipe backbone yang jauh lebih kuat. Tentu Kawasaki sudah memikirkan dengan matang kalau Versys-X 250 merupakan motor nakal yang bisa dipakai di aspal dan non-aspal sekaligus, sehingga perlu frame yang kokoh. Selain itu, frame kokoh juga berfungsi untuk mengakomodasi kecenderungan para penggemar motor adventure yang membawa pannier box (bagasi) atau barang bawaan yang banyak ketika melakukan perjalanan adventure.

“Ini bukan merupakan motor Ninja 250 yang ganti baju menjadi motor adventure. Jadi ini benar-benar didesain berbeda, torsinya juga beda, torsinya dibikin lebih besar, tapi keluarannya smooth, akselerasinya lebih baik dibandingkan dengan dua silinder lainnya. Kemudian (Versys-X 250 pakai) backbone frame, karena ini diciptakan sebagai motor adventure, diciptakan untuk jalan jauh, buat boncengan, dan didesain untuk disematkan pannier box, itu dia backbone frame-nya dibuat lebih kokoh. Frame ini memang sengaja dibuat untuk menyokong beban-beban berat itu,” ungkap Pak Calvin lebih lanjut.

Kemudian kita bahas sisi nakal dari Versys-X 250 bro… Kenapa sih kok bisa dibilang sebagai motor nakal? Karena Versys-X 250 dibekali dengan spoke wheels alias velg jari-jari yang terbuat dari bahan alumunium buatan DID. Velg ini memiliki diameter 17 inch di bagian belakang dan 19 inch di bagian depan, lengkap dengan ban model dual purpose. Sudah menjadi rahasia umum kalau motor adventure ya mestinya pakai velg jari-jari, biar lebih luwes ketika menghajar jalan non-aspal hingga bebatuan dengan kecepatan tinggi sekalipun. Kenakalan Versys-X 250 diperkuat dengan pengaplikasian suspensi yang jarak travelnya panjang. Imbasnya, mau lewat jalan bumpy, berlubang, atau non-aspal nggak masalah sama sekali. Tetap nyaman, stabil, dan nggak khawatir mentok!

Sebagai motor adventure-tourer, kenyamanan sudah menjadi menu wajib bagi Versys-X 250. Demi memanjakan penyemplak Versys-X 250, Kawasaki membekalinya dengan riding position yang tegak biar nggak bikin pegal dalam perjalanan jarak jauh; stang lebar untuk memudahkan pengendalian motor; jok yang tebal, empuk, dan nyaman baik untuk rider maupun boncenger; tangki bahan bakar berkapasitas besar, mencapai 17 liter; dan windscreen tinggi untuk melindungi rider dari terpaan angin ketika melakukan perjalanan adventure. Selain itu, Versys-X 250 sudah dibekali dengan heat management technology. Itu bisa dilihat dari bukaan besar yang ada di fairing agar udara bisa leluasa masuk untuk membantu mengusir panas mesin. Kemudian mekanisme hembusan udara dari kipas radiator sengaja diarahkan ke bagian bawah, membuat betis dan paha nggak terasa panas meskipun riding di kemacetan.

Nah… Saat ini Kawasaki menyediakan dua varian Versys-X 250. Pertama adalah Versys-X 250 City Version (standar) dengan pilihan warna Candy Lime Green dan Metallic Graphite Grey. Sedangkan yang kedua adalah Versys-X 250 Tourer dengan pilihan warna Candy Lime Green dan Candy Burnt Orange. Boleh dibilang Versys-X 250 Tourer merupakan paket komplit, di mana motor benar-benar siap diajak touring adventure. Kenapa? Karena sejumlah aksesoris yang dibutuhkan untuk touring adventure sudah nemplok di Versys-X 250 Tourer, mulai dari pannier box, LED fog lamps, engine guard/crash bar, hand guard, DC power outlet, center stand (standar tengah), hingga sistem pengereman ABS.

Terus berapa bandrol harganya? PT Surapita Unitrans mematok Versys-X 250 City Version dengan harga Rp 64.870.000 on the road Jawa Timur, sementara Versys-X 250 Tourer dibandrol Rp 74.720.000 on the road Jawa Timur. Ada selisih harga nyaris Rp 10 juta antara varian standar dan Tourer. Rasanya cukup sepadan karena kalau aksesoris pada versi Tourer dibeli secara terpisah totalnya bisa lebih dari Rp 10 juta. Pada acara launching kemarin, PT Surapita Unitrans memberikan promo bagi 30 pembeli pertama bisa mendapatkan helm off road/adventure merek Shark secara gratis tanpa diundi. FYI saja, harga helm Shark ini di pasaran lebih dari Rp 3 juta lho! Tertarik dengan Versys-X 250? Langsung saja sambangi dealer-dealer Kawasaki di Jawa Timur bro… Kalian bisa indent mulai dari sekarang, dan unitnya sendiri kemungkinan baru ready pada akhir Februari 2017 nanti. Siapa tahu jadi salah satu pembeli yang beruntung mendapatkan helm Shark gratis…


Advertisements