• Home »
  • Article »
  • Selentingan Info: Motor Trail 250 cc Baru dari Viar Bisa Street Legal

Selentingan Info: Motor Trail 250 cc Baru dari Viar Bisa Street Legal



Prototipe Viar Cross X 250 SF

Belakangan ini memang santer tersiar kabar bahwa PT Triangle Motorindo (Viar Motor Indonesia) bakal mengeluarkan dua sampai tiga motor trail baru pada tahun 2017 ini. Salah satu yang paling hot dan paling berpotensi nongol adalah motor trail baru dengan kapasitas mesin 250 cc. Motor ini disebut-sebut memiliki desain dan frame yang berbeda dibandingkan dengan Cross X 250 ES yang sudah ada sekarang. Si trail baru kabarnya menggunakan frame model central tube yang mirip dengan frame dirt bike KTM/Husky, tapi mesinnya masih sama dengan current Cross X 250 ES yang berkapasitas 249 cc, 1-silinder, SOHC, 4-stroke, 4-valve, dan berpendingin radiator. Powernya sekitar 25 HP dan torsi 23 Nm. Motor dengan frame seperti itu terus menjalani pengetesan secara intensif oleh tim internal Viar. Malah motor itu juga sudah sering wara-wiri mengikuti ajang balap motocross/grasstrack oleh Viar Racing Team. Untuk sementara waktu sebut saja si trail baru dengan nama Cross X 250 SF.

Nah… Ada selentingan kabar yang menyebut motor trail 250 cc baru dari Viar nanti bisa street legal. Artinya bisa dijual secara on the road lengkap dengan surat-surat (STNK, TNKB, BPKB) karena memiliki berbagai kelengkapan jalan raya, mulai dari lampu utama, lampu belakang, lampu sein, instrument dashboard, plate holder, hingga kaca spion. Namun yang paling penting, motor ini mesti lulus uji emisi gas buang dan emisi suara ketika melakukan uji tipe. Sebenarnya sudah sejak lama tim R&D Viar melakukan development pada mesin Cross X 250 ES agar lolos uji tipe sehingga bisa dijual on the road. Bahkan pernah juga memasang sistem pembakaran injeksi pada prototipe Cross X 250 agar bisa lolos uji tipe. Sayang, setelah hampir dua tahun berlalu Cross X 250 street legal itu nggak nongol juga.

Prototipe Viar Cross X 250 SF

Apakah development yang dilakukan oleh Viar sudah berhasil membuat calon trail 250 cc baru nanti lolos uji tipe? Sampai saat ini masih belum ada konfirmasi bro… Semoga saja memang benar calon trail 250 cc baru dari Viar sudah lolos uji tipe dan bisa dijual on the road. Kenapa? Karena sudah banyak konsumen yang menantikan Cross X 250 yang bisa dipakai untuk off road dan on road sekaligus. Kemudian nggak sedikit pula calon konsumen yang tertarik mengambil Cross X 250, namun harus mengurungkan niatnya karena motor itu nggak bisa dibeli secara kredit lantaran dalam pembelian tidak dilengkapi surat-surat. Kalau nggak ada surat-surat, perusahaan leasing mana yang mau memberikan pembiayaan? Nggak ada, soalnya yang dijadikan jaminan oleh perusahaan leasing itu ya hanya surat-surat (BPKB). Kecuali kalau bro punya kartu kredit dengan limit yang lumayan gede, baru deh bisa melakukan pembelian kredit via kartu kredit.

Lalu, kapan motor trail baru meluncur? Ini juga sama, belum ada informasi yang benar-benar jelas dan akurat. Sekitar bulan Desember 2016 lalu sumber internal Viar pernah memberikan informasi kepada Adventuriderz.com bahwa akan ada produk trail baru yang diluncurkan di bulan Februari 2017. Cuma ya nggak ada clue trail baru dengan kapasitas mesin berapa yang diluncurkan Februari nanti. Sepertinya Viar berusaha menyimpan rapat-rapat info mengenai motor trail baru mereka. Benar-benar sulit dikorek bro!! Hahahaha… Tapi ada sedikit info lagi, kabarnya Cross X 250 SF bakal dibandrol di rentang angka Rp 30-40 juta atau sama dengan Cross X 250 ES yang ada sekarang.



“Masih ada kok produk baru. Dari tipe trail mas. Tapi nanti deh biar surprise, masih rahasia. Tunggu ya Februari… Hahaha,” ungkap sumber internal Viar Motor Indonesia misterius.

Viar Cross X 250 ES Current Model

Advertisements