Handguard Motor Trail Bukan Sekedar Hiasan, Tapi Ada Fungsinya Bro!

Bro sekalian… Pasti sudah sangat jamak melihat motor trail dilengkapi dengan handguard yang terpasang di bagian stang. Handguard itu ada yang dipasang sendiri oleh pemilik motor trail, tapi ada juga yang sudah terpasang dari pabrik sebagai part standar. Sejumlah pabrikan motor trail memang sudah menyediakan handguard sebagai part standar. Contohnya KTM, Husqvarna, Beta, dan Sherco yang sudah menyediakan handguard pada lineup motor enduro. Nggak cuma dari motor trail high end, motor trail entry level seperti Kawasaki KLX150 BF juga sudah memiliki handguard standar pabrik pada varian special edition (SE).

Nah, pemasangan handguard pada motor trail jelas ada tujuannya, bukan hanya sekedar aksesoris atau hiasan yang membuat tampilan motor menjadi lebih keren. Salah satu fungsi handguard adalah melindungi tuas kopling dan rem depan dari risiko patah ketika terjatuh. Ini berlaku untuk handguard dengan tekstur atau tulang keras yang terbuat dari besi atau aluminium. Bukan rahasia lagi kalau ketika bermain off road dengan motor trail kita sangat mungkin berpotensi terjatuh. Fungsi berikutnya adalah melindungi tangan dari sabetan ranting-ranting pohon atau semak-semak ketika berada di jalur off road, khususnya jalur single track. Saat motor trail tidak menggunakan handguard, sabetan dari ranting ini bisa berakibat fatal lho. Bahkan yang terburuk bisa bikin jari tangan patah. Selain itu, dengan adanya handguard tuas rem dan kopling juga terlindungi, tidak terkena sabetan ranting yang berpotensi melakukan pengereman secara tidak sengaja secara mendadak.

Apakah cuma itu saja? Nggak kok bro… Masih ada beberapa fungsi handguard yang lainnya. Ketika motor melaju di track off road berkerikil, handguard sangat berfungsi melindungi tangan dari lontaran kerikil. Begitu juga ketika melibas jalur off road tanah becek, handguard berguna melindungi tangan dari lontaran tanah atau lumpur, terutama dari motor-motor lain yang berada di depan kita. Dua fungsi terakhir hanya berlaku untuk handguard dengan penampang plastik yang lebar. Kalau handguard-nya hanya berupa besi/aluminium tanpa adanya penampang plastik, jelas tidak bisa melindungi tangan dari lontaran kerikil, tanah, dan lumpur.

Sekarang pertanyaannya, apakah motor trail bro sekalian sudah dipasangi handguard? Kalau belum, nggak ada salahnya kalau segera memasang handguard di motor trail masing-masing. Yakin deh, handguard itu nggak cuma pemanis yang membuat motor trail tambah ganteng, tapi memang ada fungsinya. Jika memang mau memasang handguard, sangat disarankan untuk membeli handguard dengan kualitas bagus dan asli. Di pasaran ada sejumlah merek handguard, seperti Acerbis, Zeta, UFO, FastWay, Race Tech, Cycra, dan lain-lain. Mereka dijual dengan rentang harga antara Rp 1 jutaan hingga Rp 2 jutaan. Mahal? Ya karena ada harga ada kualitas bro. Memang banyak yang lebih murah. Bahkan merek handguard sekelas Acerbis pun banyak dipalsukan dengan harga ratusan ribu. Namun kualitasnya jelas dipertanyakan. Adventuriderz.com pernah memasang handguard Acerbis palsu dengan harga tidak sampai Rp 400.000. Hasilnya baru sekali saja motor jatuh, baut pengunci di stang langsung jebol. Handguard seperti ini boleh dibilang cuma hiasan, karena nggak bisa benar-benar melindungi. So, bijaklah dalam memilih!


Advertisements