Husky Akan Produksi Dua Varian Motor di Pabrik Bajaj – India

Di EICMA 2016 lalu pabrikan motor asal Swedia, Husqvarna, meluncurkan dua produk baru yang berupa street bike, yaitu Husky 401 Vitpilen dan Husky 401 Svartpilen. Vitplen mengusung model street bike cafe racer, sedangkan Svartpilen merupakan motor berjenis scrambler dengan unsur off road yang kuat. Dengan adanya dua produk itu, Husky sepertinya cukup serius menjajaki market di segmen street bike, meskipun sebelumnya hanya memproduksi dirt bike saja. Rencananya Husky 401 Vitpilen dan Husky 401 Svartpilen akan diproduksi di pabrik Bajaj yang berlokasi di Chakan, India. Kok bisa?

Yups… Husky memang merupakan brand motor yang berasal dari Swedia. Tapi kini saham Husky sudah dimiliki sepenuhnya oleh Pierer Industrie AG alias milik CEO KTM Stefan Pierer. KTM sendiri sahamnya dipegang oleh Stefan Pierer sekitar 52 persen, sedangkan sisanya yang 48 persen dimiliki oleh Bajaj. Jadi antara Husky, KTM, dan Bajaj adalah kerabat dekat, malah bisa dibilang Husky merupakan anak perusahaan KTM. Makanya nggak heran kalau sekarang markas Husky itu jadi satu dengan markas KTM di Mattighofen, Austria. Bukan lagi di Huskvarna, Swedia. Selain itu, pengembangan produk Husky juga dilakukan secara bersama-sama dengan KTM.

Baik Husky 401 Vitpilen maupun Husky 401 Svartpilen dibangun dari frame dan mesin yang sama persis dengan KTM 390 Duke. Inilah jeniusnya KTM Group, bisa membangun motor berbagai macam varian dengan baju yang berbeda dari satu basis frame dan mesin. Untuk lebih memberikan efisiensi yang lebih maksimal, Husky 401 Vitpilen dan Husky 401 Svartpilen bakal diproduksi di India seperti halnya KTM 125/200/250/390 Duke dan KTM RC 125/200/250/390. Vendor-vendor yang menyuplai parts untuk produksi KTM 390 Duke sudah ada di sana, sedangkan Husky 401 Vitpilen dan Husky 401 Svartpilen memiliki banyak banget kesamaan parts dengan KTM 390 Duke. So, nggak ada alasan buat Husky untuk tidak memproduksi dua produknya itu di pabrik yang sama.

Kalau ngomongin soal preferensi, Adventuriderz.com jelas lebih tertarik dengan Husky 401 Svartpilen yang menggabungkan konsep retro dan off road ketimbang Husky 401 Vitpilen yang notabene mengusung konsep cafe racer. Memang Husky 401 Svartpilen nggak benar-benar bisa dipakai untuk off road, paling-paling cuma bisa dipakai di medan off road yang ringan, tapi desainnya memang manis banget. Apalagi dia pakai ban Pirelli Scorpion Rally dan stang model twin wall yang tinggi membuat kesan off road itu semakin kuat.

Lalu, apakah Husky 401 Vitpilen dan Husky 401 Svartpilen bakal dijual di Indonesia? Peluang itu terbuka lebar bro… Jika kedua motor itu diproduksi oleh Bajaj di India, bukan tidak mungkin masuk ke Indonesia melalui PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) yang sekarang menjadi distributor resmi street bike KTM under 400 cc. Tapi mengenai waktunya kapan, masih belum ada kejelasan. Paling cepat tahun 2018 atau malah bisa saja baru masuk ke Indonesia tahun 2019. Kok lama? Iya, soalnya distribusi duo street bike Husky itu baru dimulai pada akhir 2017, dan tentu saja Eropa menjadi wilayah pertama yang menerima Husky 401 Vitpilen dan Husky 401 Svartpilen.


Advertisements