KTM 390 Adventure Kabarnya Punya Kemampuan Off Road yang Baik

Brand motor asal Austria, KTM, diketahui sedang mengembangkan motor adventure entry level bernama KTM 390 Adventure. Rencananya motor itu menggunakan mesin yang sama dengan 390 Duke, yaitu mesin berkapasitas 373 cc, DOHC, 4-stroke, 4-valve, dan berpendingin cairan yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 44 HP dan torsi 35 Nm. Sayangnya hingga kini masih belum bisa dipastikan kapan KTM akan meluncurkan 390 Adventure ke pasaran. Sebelumnya disebutkan kalau 390 Adventure tidak akan keluar sebelum tahun 2019. Namun belakangan tersiar kabar yang menyebut bahwa motor itu kemungkinan akan diperkenalkan di EICMA – Milan pada November 2017 nanti.

Sama seperti 125/200/250/390 Duke dan RC 125/200/250/390, si motor baru 390 Adventure juga bakal diproduksi di India oleh Bajaj Auto Limited. Media otomotif India, RushLane, mengabarkan kalau 390 Adventure memang masih dalam tahap pengembangan. Namun, desain akhir 390 Adventure sudah diselesaikan ketikaCEO KTM Stefan Pierer datang ke India. Rajiv Bajaj selaku MD Bajaj Auto menyebut 390 Adventure memiliki desain yang keren dan bakal masuk ke dalam segmen travel enduro. Maksudnya gimana mas?

Menurut Rajiv Bajaj, 390 Adventure memang menggunakan mesin yang sama dengan 390 Duke. Namun motor ini bukan 390 Duke yang ditinggikan suspensinya kemudian didandani dengan fairing khas motor adventure. Rajiv Bajaj mengatakan, 390 Adventure boleh dibilang merupakan motor yang benar-benar baru dengan frame yang berbeda dibandingkan dengan 390 Duke. Menariknya, dia menyebut 390 Adventure nggak cuma nyaman digunakan dalam perjalanan jarak jauh. Tapi juga memiliki kemampuan off road yang sangat baik. Motor ini seperti ini memang cocok dipakai oleh penggemar motor adventure yang kerap menggunakan motor untuk jalan jauh hingga menelusuri area-area yang sulit diakses oleh motor biasa. So, 390 Adventure merupakan kombinasi antara kebutuhan travel dan enduro yang menjadi satu!

Kenapa 390 Adventure kok nggak pakai frame yang sama dengan 390 Duke kemudian ditinggikan suspensinya? KTM sudah pernah mencoba cara itu di motor prototipe bro… Hasilnya ternyata nggak bagus. Ketika frame 390 Duke dipasangi suspensi dengan jarak travel lebih tinggi, ground clearance motor nggak mengalami kenaikan yang signifikan. Yang ada justru seat height alias ketinggian joknya saja yang naik. Padahal pada motor adventure, ground clearance yang tinggi itu sangat diperlukan agar mesin nggak nyangkut ketika melibas jalur off road yang sulit. Meskipun demikian, ketinggian jok motor adventure juga harus tetap bersahabat bagi rider, soalnya ini bukan motor enduro tulen yang butuh jok sangat tinggi.

Jika memang 390 Adventure diproduksi oleh Bajaj di India, kemungkinan besar motor itu juga bakal masuk ke Indonesia melalui PT Penta Jaya Laju Motor yang menjadi distributor resmi street bike KTM under 400 cc atau seluruh lineup motor KTM yang diproduksi oleh Bajaj. Amat disayangkan kalau 390 Adventure masuk ke Indonesia pasti harganya nggak bersahabat lantaran kena PPN BM. Sebagai perbandingan, RC 390 saja sekarang dibandrol dengan harga Rp 99 juta on the road Jakarta meskipun sudah mengalami penurunan harga. Bakal lebih menarik kalau KTM menyediakan varian 200 Adventure dan 250 Adventure. Pasti harganya jauh lebih bersahabat bagi konsumen Indonesia. Betul?

Advertisements