Siapa Saja Target Market Potensial Honda CRF250L Rally?



Dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi, kemungkinan 3 Februari 2017 bersamaan dengan peluncuran Tim Repsol Honda MotoGP oleh Honda Racing Corporation (HRC), Astra Honda Motor (AHM) selaku pabrikan motor terbesar di Indonesia juga bakal meluncurkan produk baru yang bergenre adventure, yaitu Honda CRF250L Rally. Memang belum ada konfirmasi resmi dari AHM, tapi indikasi ke arah sana memang sudah cukup kuat. Beberapa waktu yang lalu sumber Adventuriderz.com juga sudah menyebut CRF250L Rally akan diluncurkan di Februari 2017 meskipun tidak menyebutkan secara spesifik tanggalnya.

Kehadiran CRF250L Rally di Indonesia memang sudah sangat dinanti-nantikan. Ini merupakan motor yang berbeda dibandingkan dengan motor kebanyakan. CRF250L Rally memiliki fisik yang mirip seperti motor trial dual sport yang memiliki kemampuan off road lumayan baik, sekaligus memiliki ciri khas layaknya motor adventure yang bisa enak untuk perjalanan jarak jauh. Secara umum desain CRF250L Rally berpatokan pada CRF450 Rally yang digunakan di ajang balap Rally Dakar. Gagah dan keren bro!! Hanya saja CRF250L Rally nggak menggunakan mesin spec balap, sehingga bisa digunakan untuk riding sehari-hari. So, CRF250L Rally boleh dikatakan replika versi mini CRF450 Rally yang tujuan utamanya bukan untuk balap, namun sebagai kendaraan street legal alias harian.

Nah… Rencananya CRF250L Rally bakal dijual oleh dealer Honda Big Wing yang memang fokus memasarkan big bike Honda dan motor CBU. Belum diketahui secara pasti berapa bandrol harga CRF250L Rally di Indonesia. Kalau di Thailand yang menjadi basis produksi, CRF250L Rally dijual setara dengan Rp 62 jutaan. Sudah ada selentingan kabar yang menyebutkan bahwa CRF250L Rally bakal dijual dengan harga Rp 62-67 jutaan di Indonesia. Dengan harga sebesar itu, pastinya ceruk market CRF250L Rally tergolong sempit. Terus siapa saja sih target market yang diincar oleh CRF250L Rally??



  1. Dengan harga yang tidak murah, tentu saja yang menjadi incaran utama CRF250L Rally adalah kalangan menengah ke atas.
  2. Para pecinta adventure dengan menggunakan motor. Kalangan ini di Indonesia sudah cukup banyak dan terus mengalami pertumbuhan. Bahkan komunitasnya juga sudah ada. Cuma pilihan motornya masih sangat minim. Kebanyakan motor adventure yang beredar di tanah air berkapasitas besar dengan harga ratusan juta. Sangat mahal dan sedikit yang bisa menjangkau. CRF250L Rally bisa menjadi solusi yang lebih hemat.
  3. Rider rider sport bike dan street bike yang ingin mencari pengalaman baru dengan motor adventure. CRF250L Rally bisa bikin mereka lebih leluasa melakukan perjalanan, mulai dari perjalanan jarak jauh hingga ke tempat-tempat yang sulit diakses oleh sport bike/street bike.
  4. Kalangan penggemar motor off road. Tentu bukan untuk menggantikan motor off road mereka. Melainkan sama seperti nomor dua, yaitu kalangan penggemar off road yang ingin mencari tantangan baru, menjelajah lebih jauh. Umumnya motor off road itu non street legal alias tidak bisa digunakan di jalan raya, membuat jelajah motor off road relatif sempit, hanya di medan off road yang biasanya ya di hutan. Mereka memindahkan motor off road dari satu tempat ke tempat lainnya dengan towing car atau sejenisnya. Ribet!! Dengan CRF250L Rally penjelajahan mereka jadi lebih luas karena motor ini bisa dipakai on road dan off road sekaligus, meskipun mesti dikompensasikan dengan kemampuan off road yang lebih minimalis.
  5. Para pemilik big bike yang ingin mencari motor kedua, ketiga, keempat, atau bahkan kesekian. Hanya menggunakan menggunakan motor ini sebagai toys!

Kalau kamu gimana bro, apakah sudah punya rencana meminang CRF250L Rally?

Advertisements