• Home »
  • Article »
  • Ducati Pamerkan Scrambler R/T – Si Retro dengan Nuansa Off Road Kuat

Ducati Pamerkan Scrambler R/T – Si Retro dengan Nuansa Off Road Kuat

Di pameran motor terbesar dunia EICMA 2016 di Milan, Ducati telah memperkenalkan motor Scrambler baru yang diberi nama Scrambler Desert Sled. Minggu lalu, bertepatan dengan Motor Bike Expo di Verona, Ducati kembali memamerkan dua Scrambler baru dengan tampilan mempesona, yaitu Scrambler R/T dan Essenza. Sekarang kita cuma mau bahas Scrambler R/T yang benar-benar bertipe scrambler, sedangkan Essenza mengusung konsep cafe racer. Seperti apa sosok Scrambler R/T?

Nah… Meskipun dipamerkan oleh Ducati, namun Scrambler R/T nggak dibuat sendiri oleh Ducati. Ini adalah motor custom yang dibuat oleh custom builder asal Parma, Anvil Motociclette. Tentu saja Anvil membangun Scrambler R/T dari basis motor Scrambler Sixty2 dengan kapasitas mesin 400 cc hasil hibah dari Ducati. Proses pembangunan Scrambler R/T membutuhkan waktu yang cukup lama, mencapai 53 hari. Makanya jangan heran kalau di papan nomor tertulis angka #53. Itu untuk menunjukkan berapa lama waktu yang dibutuhkan bagi Anvil dalam membangun Scrambler R/T.

Soal desain, nggak diragukan lagi Scrambler R/T benar-benar mengusung gaya retro. Bukan retro modern, melainkan gaya retro tahun 70-an dengan mengambil desain Ducati Scrambler yang beredar saat itu. Misalnya saja pada bagian tangki bahan bakar, benar-benar mengusung bentuk original Ducati Scrambler tahun 70-an dan rupanya model tangki seperti ini sangat pas dipasang pada frame Scrambler Sixty2 yang notabene lahir di era modern. Kemudian joknya juga berdesain jadul, suspensi belakang stereo, knalpot yang menjulang tinggi, footpegs bergerigi, dan handlebar menggunakan model twin wall khas motor trail jadul. Kesan off road Scrambler R/T semakin kuat dengan penggunaan ban off road tulen lengkap dengan velg jari-jari. Mungkin kesan modern pada Scrambler R/T hanya terletak di bagian suspensi yang sudah mengusung model upside down.

Untuk bagian mesin, Scrambler R/T masih tetap mengandalkan mesin standar Scrambler Sixty2, di mana mesin ini berkapasitas 399 cc, L-Twin, 4-stroke, Desmodromic, dengan 2-valve per silinder dan berpendingin udara. Mesin paling mungil milik Ducati itu sudah mengaplikasikan sistem pembakaran injeksi dengan throttle body berdiameter 50 mm. Tenaga mesin ini memang nggak terlalu besar, hanya 40 HP di putaran mesin 8.750 rpm, sementara torsi maksimalnya tembus 34,6 Nm di putaran mesin 8.000 rpm. Satu hal yang menarik lagi, mesin Scrambler Sixty2 yang dipasang pada Scrambler R/T sudah lolos uji emisi Euro 4! Wah… Gimana rasanya ya off road pakai mesin 400 cc L-Twin?


Advertisements