Suzuki Ternyata Masih Jual Motor Off Road 250 cc DOHC Air Cooled

Di pasar global, Suzuki bersama dengan Kawasaki tergolong sebagai pabrikan motor yang memiliki lineup motor off road/enduro paling minim. Berbeda dengan Honda dan Yamaha yang masih punya banyak lineup di segmen off road/enduro. Bagaimana kalau dibandingkan dengan pabrikan Eropa seperti KTM, Husky, Sherco, atau Beta? Jelas Suzuki bukan apa-apanya di segmen ini. Soalnya Suzuki cuma mengandalkan RMX450Z yang belum lama ini diluncurkan ke pasar global. Menariknya, khusus untuk market Australia, Suzuki masih punya lineup motor off road 250 cc yang bernama DR-Z250!

Mengusung nama DR series, bisa dipastikan kalau DR-Z250 bukanlah motor off road yang race oriented dengan performa tinggi maupun bobot enteng. Malah boleh dibilang DR-Z250 merupakan motor off road yang multifungsi lantaran dia juga bersifat street legal. Artinya, DR-Z250 cukup luwes mau dipakai untuk off road maupun on road di perkotaan. Kesederhanaan DR-Z250 bisa dilihat dari mesinnya yang masih mengandalkan sistem pendingin udara yang dibantu dengan sistem pendingin oli (oil cooler). Secara umum DR-Z250 mengadopsi mesin berkapasitas 250 cc, 1-silinder, DOHC, 4-stroke, dan menggunakan 4-valve lengkap dengan transmisi manual 6-percepatan. Tidak diketahui secara pasti berapa output power yang mampu dikeluarkan oleh mesin ini. Tapi diyakini nggak terlalu besar.

Soal desain, DR-Z250 pun tergolong sederhana, khas motor trail Suzuki di jaman dahulu. Unsur retro memang melekat cukup kuat pada motor ini, mulai dari headlamp, tangki bahan bakar, bodywork, hingga bentuk fender. Kesederhanaan DR-Z250 semakin kuat dengan pengaplikasian suspensi depan model teleskopik, meskipun suspensi belakangnya sudah menggunakan model mono shock dengan link. Frame-nya pun nggak bisa dibilang kekinian, cenderung mirip frame model diamond yang terkesan jadul untuk kelas 250 cc. Namun sejumlah kesederhanaan dan kejadulan DR-Z250 itu justru membuatnya terlihat macho. Agak nggak pasaran kalau dibandingkan dengan motor-motor off road modern.

Sebagai motor off road multifungsi (street legal off road), DR-Z250 memiliki bobot yang lumayan gambot. Bobot basah motor ini mencapai 131 kg dengan ketinggian jok yang lumayan bersahabat hanya 890 mm. Maklum, ini bukan benar-benar motor off road tulen untuk kompetisi. Bisa dilihat juga dengan kapasitas tangki bahan bakarnya yang cukup besar mencapai 10,5 liter, sangat ideal untuk melakukan kegiatan dual sport adventure ketimbang hard off road. Cocoklah buat para penggemar dual sport yang off road oriented. Apalagi DR-Z250 juga sudah dilengkapi berbagai kelengkapan jalan raya, mulai dari headlamp, tail light, lampu sein, kaca spion, panel speedometer, klakson, hingga holder plat nomor polisi. Benar-benar bikin ngiler bro!

Tapi sayang banget bro, kalau berharap motor keren Suzuki yang satu ini dijual di Indonesia rasanya mustahil. Pertama, sampai sekarang saja Suzuki Indomobil Sales (SIS) masih belum ada kejelasan apakah jadi menjual DR200S di Indonesia atau tidak. Kedua, DR-Z250 kalau nggak salah cuma dijual untuk market Australia saja. Bahkan di pasar global seperti Asia, Amerika Utara, hingga Eropa, DR-Z250 nggak ada! Itu yang membuat peluang DR-Z250 masuk ke Indonesia secara resmi lewat SIS amat sangat minim. So, kalau tertarik dengan DR-Z250 coba saja kontak-kontak importir umum (IU). Mungkin saja mereka bisa mendatangkan DR-Z250 dari Australia meskipun bisa dipastikan harganya bakal lumayan mahal.


Advertisements