Tips Ringan untuk Mengurangi Getaran Pada Stang Motor Trail


Bukan rahasia lagi, vibrasi atau getaran pada motor trail memang nggak selembut street bike. Semakin besar kapasitas mesin, getaran bakal semakin terasa. Apalagi motor trail 2-stroke, getarannya lebih parah dibandingkan dengan motor trail 4-stroke. Itu nggak mengherankan bro… Tenaga motor yang besar membuat getaran menjadi lebih terasa. Tapi tetap ada kok cara yang bisa ditempuh agar getaran pada motor trail menjadi berkurang. Dengan lebih minimnya getaran, tentu nunggang motor trail seharian di medan off road pun jadi lebih nyaman, nggak gampang capek, nggak gampang pegal, dan nggak gampang nyeri di tangan. Memang bagaimana cara mengurangi getaran pada motor trail?

Cara mudah yang bisa ditempun untuk mengurangi getaran pada motor trail adalah dengan memasang anti vibration pada bagian stang. Di pasaran sudah cukup banyak merek yang menjual anti vibration. Salah satunya adalah FASST, sebuah merek asal Amerika Serikat yang memiliki produk bernama Anti-Vibration Inserts. Pemasangan FASST Anti-Vibration Inserts boleh dibilang sangat mudah, nggak perlu ke bengkel ataupun menggunakan tools khusus. Tinggal memasukkan piranti ini ke dalam lubang stang motor trail. Menariknya, FASST Anti-Vibration Inserts compatible untuk berbagai macam tipe stang, mulai dari Flexx handlebar, 7/8″ aluminium handlebar, hingga 1 1/8″ aluminium handlebar, baik model fatbar maupun twin wall, ntah itu merek Renthal, Protaper, atau yang lainnya semua bisa masuk! Meskipun stang sudah dipasang dengan FASST Anti-Vibration Inserts, namun tetap dipasangi dengan handguard kok. Nggak masalah sama sekali.

Terus berapa harganya? FASST Anti-Vibration Inserts bisa dibeli secara online dari website FASST dengan harga US$ 59,99 atau setara dengan Rp 800.000 belum termasuk ongkos kirim maupun pajak yang mungkin dibebankan saat pengiriman. Merek lain kemungkinan juga harganya kurang lebih sama bro… Kalaupun ada selisih ya paling-paling nggak banyak. Kalau nggak mau beli online langsung dari Amerika Seriakt gimana? Ya coba aja kunjungi toko-toko aksesoris trail ternama di tanah air, mungkin barangnya ada. Gimana, tertarik memasang anti vibration di stang motor trailmu bro?


Advertisements