• Home »
  • Article »
  • Adakah Hidden Agenda Dibalik Peluncuran CRF250L Rally dan CRF1000L?

Adakah Hidden Agenda Dibalik Peluncuran CRF250L Rally dan CRF1000L?



Honda CRF250L Rally

Dalam hitungan hari, tepatnya 3 Februari 2017, Astra Honda Motor (AHM) bakal meluncurkan dua motor baru dengan genre adventure. Mereka adalah Honda CRF250L Rally dan Honda CRF1000L Africa Twin. Kedua motor tersebut didatangkan secara utuh alias CBU (completely built up) dari Thailand dan Jepang. Sebagai motor CBU, baik CRF250L Rally dan CRF1000L Africa Twin bakal dijual secara eksklusif oleh dealer Honda Big Wing. Makanya jangan heran kalau CRF250L Rally dan CRF1000L Africa Twin diposisikan sebagai produk flagship. Lalu, apakah ada hidden agenda dibalik peluncuran CRF250L Rally dan CRF1000L Africa Twin oleh AHM??

Memang sudah sejak lama AHM dikabarkan sedang mempersiapkan motor trail entry level dengan kode K84A. Hembusan kabar sudah cukup kuat, bahkan sudah pernah diulas juga oleh media otomotif ternama di Indonesia seperti Motorplus Online pada tahun lalu kalau motor trail K84A bakal diproduksi secara lokal di Indonesia menggunakan basis mesin Verza yang berkapasitas 150 cc. Untuk sementara waktu kita sebut K84A sebagai CRF150L. Kenapa kok basis mesin Verza dipilih? Soalnya mesin Verza tergolong sederhana lantaran masih SOHC dan berpendingin udara, bandel, memiliki torsi yang bagus, mudah dalam perawatan, dan biaya produksinya rendah. Boleh dibilang ini mesin yang sudah sangat battle proven di medan off road karena nggak sedikit para penggemar off road yang memanfaatkan mesin Verza/MegaPro pada motor trail rakitannya.

Honda CRF150F

Terus apa hubungannya dengan CRF250L Rally dan CRF1000L Africa Twin? Adventuriderz.com menduga peluncuran CRF250L Rally dan CRF1000L Africa Twin hanyalah awal bagi AHM dalam bermain di segmen motor trail/adventure. Sebagai produk flagship, jelas keduanya memiliki fitur-fitur yang canggih dan mumpuni. Bikin ngiler siapapun. Sayangnya, iming-iming fitur canggih dan spesifikasi mentereng juga harus dibayar mahal. Belum diketahui harga resmi CRF250L Rally dan CRF1000L Africa Twin, namun diyakini nggak akan murah bro… Nantinya CRF250L Rally dan CRF1000L Africa Twin hanyalah produk flagship. Jualan nggak banyak nggak masalah karena fungsinya hanya untuk menyokong penjualan varian entry level. Siapa lagi kalau bukan CRF150L. Motor yang disebut terakhir inilah yang menjadi daya gedor, money maker, sekaligus volume maker bagi AHM di segmen motor trail entry level yang sekarang masih dikuasai oleh Kawasaki KLX150.

Selentingan kabar yang beredar menyebut CRF150L akan dirilis oleh AHM pada tahun 2017 ini. Nggak tahu kapan waktu pastinya. Yang jelas setelah peluncuran CRF250L Rally dan CRF1000L Africa Twin. Bisa saja pada kuartal kedua, kuartal ketiga, atau malah kuartal keempat 2017. Semoga saja motor trail entry level dari AHM benar-benar nongol tahun ini untuk memuaskan dahaga para penggemar motor trail yang selama ini sangat minim pilihan karena Kawasaki KLX150 bermain sendirian di kalangan brand Jepang. Memang ada beberapa brand lokal yang bermain juga di segmen trail. Tapi untuk menggoyang Kawasaki masih jauh dari harapan. Market Kawasaki nggak berkurang sama sekali dengan adanya pesaing dari brand-brand lokal. Justru brand-brand lokal ini membangun market sendiri sehingga market trail secara keseluruhan mengalami pertumbuhan. Ditunggu kedatanganmu CRF150L!



Honda CRF1000L Africa Twin

Advertisements