Tips Agar Kampas Kopling Kawasaki KLX150 Tidak Gampang Jebol


Sudah sejak lama banyak rider Kawasaki KLX150 yang mengeluhkan kalau kampas kopling motor itu gampang selip, terutama ketika dipakai untuk melibas jalur off road yang berat, hingga akhirnya kampas kopling itupun berujung jebol. Jika sudah seperti itu, kegiatan adventure dengan sangat menyesal harus dihentikan karena kampas kopling harus diganti dengan yang baru terlebih dahulu baru motor bisa jalan lagi. Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan kampas kopling KLX150 gampang jebol. Mulai dari skill rider sampai dengan permasalahan teknis di bagian sistem kopling KLX150 itu sendiri. Nah… Kali ini Adventuriderz.com bakal memberikan beberapa tips yang mungkin berguna agar kampas kopling KLX150 punya bro sekalian nggak gampang gosong. Yuk simak beberapa tips berikut:

  1. Pastikan mengisi oli mesin KLX150 sesuai dengan buku manual. Ini tips yang paling gampang. KLX150 model terbaru membutuhkan oli sebanyak 1,3 liter jika melakukan penggantian filter oli dan membutuhkan oli sebanyak 1,2 liter kalau tidak melakukan penggantian filter oli. Jangan malas mengisi mesin dengan oli sesuai buku manual kendaraan. Banyak kasus kampas kopling jebol itu lantaran oli mesin kurang, hanya diisi 1 liter, sehingga bagian kopling tidak terlumasi dengan baik. Imbasnya kopling rawan selip yang berujung gosong. Memang kita perlu keluar biaya lebih besar karena mesti beli dua botol sekaligus. Tapi sisa oli yang ada bisa digunakan untuk penggantian/pengisian oli periode berikutnya.
  2. Jika cara pertama masih kurang ampuh, bisa diatas dengan melakukan pengeboran rumah kopling. Sebenarnya pengeboran rumah kopling dilakukan agar oli bisa masuk dan melumasi seluruh bagian kopling. Hasilnya kopling KLX150 jadi nggak gampang selip lagi. Cuma perlu diperhatikan pula daya tahan rumah kopling setelah dilakukan pengeboran. Pasti kekuatannya nggak sebaik ketika masih “utuh”.
  3. Cara pertama dan kedua masih gagal membuat kampas kopling KLX150 tidak gosong? Coba ganti dengan kampas kopling motor lain. Saat ini banyak pengguna KLX150 yang memilih menggunakan kampas kopling punya Honda GL Pro. Bukan GL Pro Neotech ya, tapi GL Pro biasa. Kampas kopling GL Pro yang berjumlah lima lembar ini boleh dibilang plug and play dengan KLX150. Alternatif lain bisa pakai kampas kopling Tiger. Hanya saja kalau mau pakai kampas kopling Tiger mesti beli dua set, karena dalam satu set kampas kopling Tiger hanya berisi empat lembar, sedangkan KLX150 butuh lima lembar. Misal mau pakai kampas kopling GL Pro atau Tiger, pastikan beli yang original dari Astra Honda Motor (AHM) untuk memberikan jaminan kualitas. Toh kampas kopling original GL Pro cuma sekitar Rp 100.000 per set. Murah meriah!
  4. Masih kurang puas dengan kampas kopling GL Pro? Bro bisa menggantinya dengan kampas kopling Kawasaki KX85. Soal kualitas jangan diragukan lagi gimana kuatnya kampas kopling KX85 ini. Bukan apa-apa, KX85 diciptakan sebagai motor balap dalam ajang motocross. Nggak heran kalau kualitasnya memang di atas rata-rata. Menariknya, kampas kopling KX85 juga plug and play pada KLX150. Bakal lebih klop lagi kalau kampas kopling KX85 dipadukan dengan per kopling KX85 juga. Di pasaran, kampas kopling KX85 dijual dengan harga sekitar Rp 175.000 per set (lima lembar). Tinggal pasang saja beres…

Kalau Adventuriderz.com sendiri cukup merekomendasikan kampas kopling KX85. Kenapa? Pertama jelas karena itu merupakan produk Kawasaki sendiri, bukan lintas merek. Kedua, kampas kopling KX85 diciptakan untuk balap, sehingga durability-nya memang sudah teruji. Ketiga, kampas kopling KX85 diproduksi di Jepang yang tidak perlu diragukan lagi seperti apa kualitasnya. Sudah banyak kok para penunggang KLX150 yang menggunakan kampas kopling KX85, dan rata-rata mereka puas. Coba deh googling! Oh ya, tips di atas juga bisa diaplikasikan pada D-Tracker. Sama saja kok. Gimana, tertarik mencoba kampas kopling KX85 pada KLX150? Bro bisa membelinya di:


Advertisements