Honda Persiapkan Motor Adventure Penantang Kawasaki Versys-X 250!


Paten desain motor adventure baru dari Honda

Pesaingan di segmen motor adventure entry level ke depannya bakal semakin panas bro… Dikabarkan oleh MoreBikes, Honda sedang mempersiapkan motor adventure yang bakal menjadi penantang serius bagi Kawasaki Versys-X 250/300, Suzuki V-Strom 250, BMW G 310 GS, hingga KTM 390 Adventure (belum diluncurkan). Lho, bukannya Honda sudah punya CRF250L Rally? Betul, tapi CRF250L Rally lebih cenderung sebagai motor trail dengan styling khas Dakar dengan kemampuan off road yang kuat namun kurang nyaman digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Terus motor baru apa yang sedang dipersiapkan oleh Honda di segmen adventure?

Dari bocoran gambar paten desain yang didaftarkan oleh Honda, sosok calon motor adventure entry level itu lebih cenderung mirip dengan CRF1000L Africa Twin, atau kalau mau menengok ke masa lalu desainnya mirip-mirip dengan Dominator 650 dan NX250 yang pernah populer pada tahun 1988-2001. Karakter Dominator di masa lalu yang keren itu memang cukup melekat kuat pada sosok calon motor adventure baru Honda. Mulai dari model fairing, front fender, tangki bahan bakar, dan lain-lain boleh dibilang mirip. Hanya saja pada desain motor baru memang tampil lebih modern dengan sudut-sudut yang lebih tajam.

Honda Dominator 650

Nah… Dominator yang asli menggunakan kapasitas mesin 643 cc satu silinder yang mampu mengeluarkan tenaga sekitar 44,6 HP. Powernya nggak terlalu besar, tapi motor ini sangat nyaman digunakan, baik untuk perjalanan jarak jauh maupun untuk melintasi medan off road. Tentu saja medan off road yang ringan, bukan yang berat sampai masuk-masuk ke hutan. Apalagi Dominator original sudah ada tambahan rak bagasi yang memungkinkan rider membawa barang bawaan dalam jumlah banyak ketika melakukan perjalanan adventure, menggunakan ban depan besar yang stabil ketika dipakai on road, dan suspensi yang soft membuatnya sangat nyaman. Pertanyaannya, berapa kapasitas mesin yang dipasang pada New Dominator ini?

Sampai saat ini memang belum ada konfirmasi resmi dari Honda mengenai desain paten motor adventure yang tersebar di dunia maya, sehingga kapasitas mesin yang diusung oleh motor itu juga belum diketahui. Namun menurut MoreBikes, salah satu petinggi Honda (AHM) Mr. Koji Sugita pernah terselip lidah dengan mengungkapkan bahwa Honda membuka peluang untuk membangun motor adventure 250 cc yang mirip dengan Crossrunner atau sejenisnya. So, tidak menutup kemungkinan kalau New Dominator yang desainnya sudah dipatenkan bakal mengusung mesin 250 cc.

Honda AX-1 atau Honda NX250

Pertanyaan lain yang nggak kalah menggelitik, apakah Honda akan menggunakan mesin single atau twin pada New Dominator? Bukan rahasia lagi kalau Honda sekarang memiliki dua varian mesin di kelas 250 cc. Pertama adalah mesin 250 cc satu silinder yang dipasang pada CBR250R, CRF250L, dan CRF250L Rally, sedangkan tipe kedua merupakan dua silinder yang terpasang pada CBR250RR. Namun ada satu hal yang unik pada paten desain motor adventure baru itu, yaitu di bagian handlebar sebelah kiri sudah ada switch “riding mode”. Hmm… Mesin 250 cc Honda yang sudah menggunakan riding mode saat ini cuma dua silinder milik CBR250RR. Bukan tidak mungkin ini menjadi salah satu indikasi kalau calon motor baru Honda menggunakan mesin 250 cc dua silinder, meskipun yang namanya Dominator itu ya aslinya menggunakan mesin satu silinder. Misal benar mengandalkan mesin dua silinder, maka New Dominator bakal menjadi penantang langsung  bagi Kawasaki Versys-X 250/300 dan Suzuki V-Strom 250!

Honda CRF1000L Africa Twin


Advertisements