AJP Siap Luncurkan Motor Adventure PR7, Mesin 600 cc 1-Silinder!



Builder motor asal Portugal, AJP, dikabarkan sudah sangat siap untuk meluncurkan motor adventure baru bernama AJP PR7. Prototipe motor ini memang sudah sering keluar di sejumlah pameran otomotif ternama Eropa sepanjang tahun 2016 atau malah mungkin sejak tahun 2015. Pada tahun 2016 lalu hingga awal 2017 ini pun AJP terus melakukan pengetesan PR7 secara intensif sebelum produk dilempar ke pasaran. Boleh dibilang PR7 merupakan motor adventure pertama yang dibangun oleh AJP karena sebelumnya merek ini lebih fokus dalam membangun motor off road dan supermoto dari lineup PR3, PR4, dan PR5. Apakah PR7 bakal sukses di pasaran??

Seperti yang sudah sering diposting di blog ini, PR7 menggendong mesin 600 cc satu silinder DOHC dengan transmisi manual 6-percepatan. Mesin ini disuplai oleh brand motor asal Italia, Speedy Working Motorcycles (SWM). Kalau dirunut ke belakang lagi, mesin SWM 600 cc itu aslinya milik Husqvarna di masa lalu saat Husqvarna berada di tangan BMW. Ketika Husqvarna diambil alih oleh KTM, SWM membeli pabrik perakitan Husqvarna yang berada di Italia sekaligus membeli sejumlah lisensi mesin milik Husqvarna. So, jual beli mesin antar brand di Eropa itu sudah menjadi hal yang sangat biasa. Bahkan untuk satu tipe mesin dipakai oleh beberapa merek dan banyak tipe motor adalah lumrah.



Desain PR7 memang agak aneh, kaku, tapi mengusung style khas motor Rally Dakar yang terlihat sangat kokoh. Frame PR7 terbuat dari bahan komposit yang merupakan perpaduan antara aluminium dan besi yang dipadu dengan tangki bahan bakar berkapasitas 17 liter. Kapasitas tangki bahan bakar ini tergolong besar dan bisa menunjang PR7 untuk perjalanan jarak jauh. Menariknya, ketinggian jok PR7 nggak tinggi-tinggi amat, cuma 915 mm, yang cukup memudahkan rider dengan tubuh tidak terlalu tinggi, sementara ground clearance dia mencapai 320 mm. Bakal luwes banget nih buat melibas berbagai kondisi medan off road! Keunggulan lainnya, bobot PR7 hanya 147 kg, jauh lebih ringan ketimbang motor-motor adventure kebanyakan.

Rencananya PR7 ditawarkan kepada konsumen di Eropa dan Amerika Serikat dalam bentuk street legal. Artinya, motor bisa dipakai di jalan raya dan untuk off road sekaligus. Peluncuran motor ini sendiri kemungkinan dilakukan dalam waktu dekat dengan harga yang masih belum ditentukan. Sayangnya peluncuran itu masih terbatas untuk wilayah Eropa dan Amerika Serikat saja bro… Belum ada informasi apakah PR7 bakal dipasarkan di wilayah-wilayah lain atau tidak. Soalnya dari segi brand AJP masih belum cukup dikenal, jaringan dealer masih sangat sedikit, dan kapasitas produksinya juga nggak banyak.

Bagaimana dengan Indonesia? Apakah bakal kebagian PR7? Di Indonesia ini distributor resmi AJP adalah Bruder Motorsport Internasional (BMI). Namun cukup disayangkan Bruder sampai sekarang belum pernah memasukkan satupun produk AJP. Padahal tahun lalu sempat ada rencana Bruder bakal memasukkan PR4 dan PR5, baik itu versi off road maupun supermoto. Bahkan TPT uji tipenya juga sudah berada di Kemneterian Perindustrian. Faktanya hingga kini Bruder masih pikir-pikir jadi memasukkan produk AJP atau tidak, sehingga kehadiran PR7 di Indonesia masih berada di awang-awang…

Advertisements