Mengenai Motor Trail 150 cc, AHM Minta Konsumen Bersabar!



Bukan cuma omong kosong atau hanya sekedar gosip, Astra Honda Motor (AHM) akhirnya meluncurkan motor trail dengan gaya adventure khas Rally Dakar, Honda CRF250L Rally. Peluncuran CRF250L Rally dibarengkan dengan peluncuran motor adventure berkapasitas 1.000 cc dua silinder, Honda CRF1000L Africa Twin. Imbasnya, AHM langsung memiliki dua varian CRF sekaligus dalam waktu bersamaan. Apakah setelah merilis CRF250L Rally dan CRF1000L Africa Twin AHM bakal meluncurkan varian lain yang lebih kecil? Motor trail 150 cc misalnya??

Indikasi ke arah sana memang sudah ada sejak lama bro… Mulai dari kemunculan kode produk K84A yang disinyalir sebagai motor trail 150 cc (untuk sementara waktu disebut CRF150L) hingga Direktor Marketing AHM Pak Margono Tanuwijaya yang pernah mengatakan kepada Motorplus Online bahwa AHM sedang mempersiapkan motor trail 150. Malah Pak Margono dengan gamblang menyebut manajemen AHM sudah melakukan rapat mengenai pemilihan mesin yang akan digunakan oleh CRF150L. Pilihannya antara mesin DOHC milik Sonic 150/CB150R/CBR150R atau mesin SOHC yang kini dipasang pada Verza. Akhirnya diputuskan CRF150L menggunakan mesin Verza karena mesinnya sederhana tanpa radiator, biaya produksi rendah, aplikasi di lapangan lebih simple, terbukti bandel dan battle proven ketika dipakai adventure, biaya perawatan rendah, dan kompetitor pun masih mengandalkan mesin SOHC dua klep. Artikel mengenai pernyataan Pak Margono itu bisa dibaca di sini.



Dari kemunculan kode K84A, pernyataan dari sumber internal AHM, hingga peluncuran CRF250L Rally sebenarnya sudah menjadi indikasi yang sangat kuat kalau AHM siap menggelontorkan trail entry level penantang Kawasaki KLX150. Boleh dibilang CRF250L Rally merupakan produk flagship sehingga bisa mendongkrak brand image adiknya nanti. Target penjualan CRF250L Rally pun dipastikan nggak banyak karena volume maker nantinya diserahkan kepada CRF150L. Tapi pertanyaannya ya seperti biasa, kapan CRF150L nongol di pasaran? Jangan-jangan cuma gosip doang!

Untuk menembus benteng AHM memang sangat sulit bro, jadi untuk mendapatkan bocoran informasi mengenai trail 150 cc yang sudah sangat ditunggu-tunggu juga susah kalau nggak mau dibilang buntu. Namun jangan pernah remehkan AHM. Sebagai pabrikan motor terbesar di Indonesia, AHM sepertinya mempunyai misi melibas habis semua segmen, termasuk segmen trail entry level yang sekarang dikuasai oleh Geng Ijo. Menariknya setelah peluncuran CRF250L Rally, dua petinggi AHM yang menunggu-nunggu CRF150L meminta untuk bersabar terlebih dahulu.

“Menurut kami, tugas, kewajiban dan misi dari kami adalah berusaha untuk menjawab keinginan pasar dan penggemar sepeda motor di Indonesia. Karena itu kami mohon untuk bersabar menunggu kedatangan berikutnya (CRF150L),” ungkap President Director AHM Mr. Toshiyuki Inuma, dikutip dari detikOto.

Sementara itu, Executive Vice President Director AHM Pak Johannes Loman juga tidak menampik kalau AHM sedang mempelajari segmen motor trail atau off road 150 cc yang belakangan sedang booming dan marketnya terus mengalami peningkatan. Dan lagi-lagi Pak Johannes Loman meminta kepada konsumen untuk bersabar menunggu produk dari AHM berikutnya.

“Kalau segmen off road, dibilang besar sih relatif ya, dibilang kecil juga relatif. Kita sedang pelajari lah. Sabar kita masih pelajari. Pasarnya kan belum terbentuk, saya nggak bisa bilang mana yang lebih besar. Tapi menurut saya, di Indonesia ada segmen ini (trail/off road). Dan pengguna motor itu suka dengan segmen ini,” kata Pak Loman dari sumber yang sama.

Jadi gimana bro, masih mau sabar menunggu trail 150 cc dari AHM atau mending ambil yang sudah ada saja?

Advertisements