• Home »
  • Article »
  • AHM Targetkan Jual 70 Unit CRF250L Rally Per Bulan, Bakal Cepet Ludes Nih!

AHM Targetkan Jual 70 Unit CRF250L Rally Per Bulan, Bakal Cepet Ludes Nih!

Honda CRF250L Rally resmi diluncurkan oleh Astra Honda Motor (AHM) di Indonesia dengan harga Rp 62,9 juta on the road Jakarta. Soal penampilan, nggak diragukan lagi kalau CRF250L Rally itu keren, ganteng, dan sangat layak dipinang oleh para penggemar motor adventure. Makanya AHM cukup pede CRF250L Rally bisa diterima pasar dengan baik. Namun ternyata, target penjualan AHM terhadap motor ini nggak banyak kok bro. AHM hanya menargetkan CRF250L Rally bisa terjual sebanyak 70 unit per bulan atau setara dengan 840 unit per tahun. Padahal pengajuan TPT impor yang dilakukan oleh AHM untuk CRF250L Rally ini mencapai 2.500 unit.

Sebenarnya nggak heran juga kalau AHM nggak mematok target tinggi. Kenapa? Karena CRF250L Rally hanya diposisikan sebagai produk flagship atau premium dengan harga yang nggak bisa dijangkau oleh semua orang. Apalagi CRF250L Rally masih didatangkan secara impor utuh dari Thailand. Boleh dibilang AHM nothing to lose lah jualan CRF250L Rally ini. Mau laku ya syukur, tinggal order dari Thailand lebih banyak lagi, nggak laku pun nggak masalah toh bukan diproduksi sendiri menggunakan dana investasi yang besar. IMHO, tujuan utama AHM mendatangkan CRF250L Rally dan juga CRF1000L Africa Twin itu untuk memberikan kesan bahwa Honda memiliki motor trail/adventure yang tangguh, performa tinggi, dan fitur seabrek. Dengan brand image yang kuat itu diharapkan bisa mengangkat brand image trail entry level yang untuk sementara waktu kita sebut saja sebagai CRF150L. Strategi marketing yang sudah lumrah dilakukan oleh pabrikan motor. Oh ya, bukan nggak mungkin CRF150L juga akan meluncur dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi. Toh sejumlah petinggi AHM sudah sering memberikan kode keras mengenai kehadiran motor trail entry level 150 cc (Baca: Mengenai Motor Trail 150 cc, AHM Minta Konsumen Bersabar).

Terus apa bisa AHM mencapai target penjualan CRF250L Rally sebanyak 70 unit per bulan? Menurut Adventuriderz.com sih target itu tergolong sangat kecil ya untuk pabrikan sekelas AHM. Mestinya enteng lah jualan 70 unit CRF250L Rally per bulan dalam skala nasional. Alasan yang pertama, jaringan 3S AHM sudah sangat luas tersebar di Indonesia, dari Aceh hingga Papua. Kedua, segmen adventure di Indonesia sedang mengalami pertumbuhan. Banyak rider yang gila melakukan perjalanan adventure, baik itu menggunakan motor adventure beneran maupun motor adventure modifikasi. Alasan ketiga, harga yang dipasang oleh AHM bisa dibilang nggak wajar. Maksudnya gini, dulu waktu AHM impor CBR150R, CBR250R, dan PCX150, harga retail di Indonesia terpaut sangat jauh dibandingkan dengan harga retail di negara asal pembuat motor tersebut. Bedanya bisa tembus 25 persen. Tapi pada case CRF250L Rally, selisih harganya amat sangat tipis. Di negara asalnya, Thailand, harga retail CRF250L Rally adalah Rp 62 juta, sedangkan di Indonesia Rp 62,9 juta. Ada selisih cuma 1,5 persen saja. Jelas ini harga yang sangat menarik. Bahkan mungkin CRF250L Rally menjadi motor CBU pertama AHM dari Thailand yang harganya paling manis, paling pas, dan nggak bisa dibilang overprice!!

“Pasar ini sangat besar karena penggemarnya banyak. Terutama untuk segmen adventure 250 cc dan adventure big bike itu pasarnya cukup besar di Indonesia,” kata Marketing Director PT Astra Honda Motor Mr. Koji Sugita, dikutip dari Otomotifnet.com.

“Kami optimis CRF250L Rally dan CRF1000L Africa Twin bisa menjadi pilihan tepat konsumen Indonesia. Kedua motor ini menjadi pilihan terbaik karena jaringan penjualan kami tersebar luas di Indonesia dengan kualitas layanan premium,” ungkap Executive Vice President Director PT Astra Honda Motor Johannes Loman.

Advertisements