• Home »
  • Article »
  • Tahun 2016, Kawasaki KLX150 Terjual Sebanyak 64.030 Unit… Laris-Manis!!

Tahun 2016, Kawasaki KLX150 Terjual Sebanyak 64.030 Unit… Laris-Manis!!



Nggak mengherankan kalau sejumlah pabrikan motor asal Jepang mulai melirik segmen motor trail entry level 150-200 cc. Segmen ini memang nggak terlalu besar kalau dibandingkan dengan motor sport 150 cc, namun marketnya tetap ada dan terus mengalami pertumbuhan yang signifikan. Lebih menarik lagi karena pemain di segmen motor trail entry level dari brand Jepang masih sangat minim. Tercatat cuma Kawasaki Motor Indonesia (KMI) saja yang terjun melalui KLX150 series. Sisanya masih absen… Kawasaki hanya ditemani oleh sejumlah brand lokal di segmen trail entry level. Uniknya, brand-brand lokal itu nggak mengusik penjualan Kawasaki, justru membuat membuat pilihan semakin banyak dan menggelembungkan market trail entry level.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) yang dipublikasikan oleh Kompas Otomotif, sepanjang tahun 2016 lalu Kawasaki berhasil menjual sebanyak 64.030 unit KLX150 (all variant). Jelas jumlah itu sangat banyak untuk pabrikan sekelas Kawasaki karena setara dengan 9,95 persen dari market motor sport secara keseluruhan. Kalau dirata-rata penjualan KLX150 pada tahun 2016 lalu mencapai 5.336 unit per bulan. Dan sepertinya data itu belum termasuk penjualan D-Tracker yang memiliki genre supermoto. Artinya, KLX150 menjadi napas baru sekaligus menjadi tulang punggung bagi Kawasaki di Indonesia sebagai volume maker setelah menghentikan produksi Ninja 150 2-stroke pada pertengahan tahun 2015 lalu.

Melihat kesuksesan Kawasaki, sejumlah pabrikan jadi kepincut ingin memperebutkan market di segmen motor trail entry level. Apalagi Kawasaki membandrol KLX150 series dengan harga yang nggak murah. Rata-rata sudah di angka Rp 32-34 jutaan lho! Tercatat ada Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang sudah mempertimbangkan untuk menjual DR200S di Indonesia. Kemudian ada juga nama Astra Honda Motor (AHM) yang diduga sangat kuat sedang mengembangkan motor trail entry level 150 cc, sebut saja sebagai CRF150L. Kita lihat nanti deh, apakah market motor trail entry level semakin membesar ketika Honda dan Suzuki masuk, atau malah market Kawasaki yang sekarang jadi penguasa justru terkikis habis?



Advertisements