Viar Siapkan Dua Motor Adventure Sekaligus, 200 & 250 cc!!



Di awal tahun 2017, Viar Motor Indonesia memang kurang terdengar gaungnya mengenai rencana atau pengembangan motor baru. Brand yang satu ini cenderung lebih banyak diam, anteng, dan nggak mau grusa-grusu. Namun, antengnya Viar bukan berarti mereka nggak bergerak untuk membangun produk baru. Bahkan kabarnya sudah ada beberapa produk baru yang siap diluncurkan oleh Viar sepanjang tahun 2017, mulai dari motor trail hingga motor adventure. Untuk trail, yang berpeluang besar nongol berkapasitas 250 cc dengan frame model central tube kayak punya KTM. Nah, untuk segmen motor adventure ini yang menarik karena kabar yang masuk menyebut Viar mempersiapkan dua produk sekaligus!

Yups, menurut kabar burung yang masuk ke newsroom Adventuriderz.com memang menyebutkan kalau Viar sedang dalam proses pengembangan dua motor adventure. Artinya segmen motor adventure nanti bakal tambah ramai. Dimulai dari Kawasaki yang meluncurkan Versys-X 250, disusul Honda dengan CRF250L Rally, dan nanti ada Viar! Motor adventure pertama Viar sih sudah jelas banget berkapasitas 250 cc yang unitnya identik dengan Zongshen RX3. Basis mesinnya pun sama dengan motor off road Cross X 250 ES. Kalaupun ada perbedaan tentu saja terletak pada gear ratio. Mestinya sebagai motor adventure-tourer memiliki napas yang lebih panjang, lebih kalem, nggak keluaran torsi/power nggak meledak-ledak seperti motor off road. Motor ini pernah disebut-sebut bakal mengusung nama Tour X 250 dan pernah dipamerkan di Jakarta Fair Kemayoran (JFK) pertengahan tahun 2016 lalu.



Terus yang kedua apa? Kabarnya motor adventure yang kedua menggunakan mesin 200 cc. Jujur saja Adventuriderz.com masih belum mendapatkan banyak informasi mengenai motor adventure 200 cc dari Viar. Tapi kalau mau tebak-tebakan, kemungkinan versi 200 cc menggunakan mesin yang sama dengan Cross X 200 ES berupa mesin SOHC, 4-stroke, 2-valve, dan berpendingin udara. Performa mesin ini cukup lumayan karena diklaim mampu mengeluarkan output power 17,4 HP dan torsi 15 Nm. Tinggal tuning ulang saja mesinnya agar karakternya cocok pada motor adventure. Satu hal yang menjadi misteri, seperti apakah desain dan frame versi 200 cc? Apakah akan sama serta saling berbagi frame dan desain dengan versi 250 cc? Itu masih perlu digali lagi nanti bro… Sabar yak!

Sampai saat ini Adventuriderz.com masih belum mendapatkan kepastian atau kejelasan kapan motor adventure 200 cc dan 250 cc dari Viar dilempar ke pasaran. Denger-denger sih kalau sesuai rencana bisa nongol di bulan Maret atau April 2017, meskipun agak-agak diragukan bisa muncul bulan-bulan itu. Sekarang Viar masih cukup fokus dalam pengetesan dan pengembangan motor-motor itu, dan motor tersebut juga sedang dalam proses uji tipe. Ya semoga saja proses uji tipe berjalan dengan lancar biar produk cepat diluncurkan ke pasaran. Bagaimana dengan harganya? Ancer-ancer harga keduanya sudah dikantongi Adventuriderz.com, tapi nanti deh kita ulas di artikel berikutnya!

Advertisements