Ada Rumor Yamaha Indonesia Siapkan Trail Bermesin 155 cc SOHC VVA



Beberapa waktu yang lalu Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) secara resmi meluncurkan motor sport baru dengan mesin 155 cc SOHC VVA (Variable Valve Actuation). Nggak salah lagi bro, motor itu adalah New YZF-R15! Dengan meningkatkan kapasitas mesinnya jadi 155 cc dan ditambah dengan VVA, power R15 terbaru jadi menggila, mencapai 19 HP dengan torsi nyaris 15 Nm. Angka yang cukup besar untuk ukuran motor 150 cc. Tapi kita nggak akan banyak mengulas mengenai R15. Kita bakal bahas mengenai motor trail! Memang ada info apa?? Yuk simak!!

Nah… Setelah mencangkokkan mesin 155 cc SOHC VVA kepada R15 dan mungkin nanti juga pada New V-Ixion, ada sebuah rumor yang menyebutkan kalau YIMM juga akan memasang mesin yang sama pada motor trail. Seperti diketahui YIMM sekarang baru memiliki lineup motor trail WR250R yang dijual dengan harga Rp 109 juta on the road Jakarta. Jelas sulit menjual motor CBU Jepang itu dalam jumlah banyak. Mungkin sekarang YIMM mulai tertarik memasuki market motor trail entry level yang terus tumbuh, sehingga rumor mengenai trail 155 cc SOHC VVA dengan pendingin cairan menyeruak. Namun perlu diperhatikan, ini masih merupakan rumor yang kebenarannya belum bisa dibuktikan dan belum ada pergerakan signifikan dari YIMM mengenai pengembangan trail entry level tersebut. So, nggak perlu terlalu berharap ya!

Saat ini market motor trail entry level (150-200 cc) memang tergolong gurih dan dinikmati sendiri oleh Kawasaki Motor Indonesia (KMI) dari kalangan brand Jepang. Astra Honda Motor (AHM), Suzuki Indomobil Sales (SIS), dan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) belum terjun ke sana. Meskipun demikian, AHM sepertinya bakal masuk dalam waktu dekat dengan mengandalkan CRF150L dan SIS juga sudah mulai ada indikasi akan mengeluarkan DR200S di Indonesia. Kalau AHM, SIS, dan YIMM semuanya ikut masuk ke segmen trail entry level, maka segmen ini bukan lagi blue ocean, melainkan red ocean yang berdarah-darah. Semoga saja rumor YIMM mempersiapkan trail 155 cc SOHC VVA bukan cuma isapan jempol semata ya…



Advertisements