Mengenal Tiga Macam Dealer Honda: Regular, Wing, dan Big Wing

Bro sekalian… Sejak tahun tahun 2016 lalu Astra Honda Motor (AHM) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Honda di Indonesia memiliki tiga macam dealer, yaitu Honda Regular Dealer, Honda Wing Dealer, dan Honda Big Wing Dealer. Masing-masing dealer dibuat dengan memiliki ciri, tujua, dan pelayanan yang berbeda. Honda Regular Dealer tentu saja memiliki standar pelayanan yang berbeda dengan Honda Wing Dealer. Begitu juga dengan Honda Wing Dealer, pelayananannya berbeda dengan Honda Big Wing Dealer. Seperti apa perbedannya? Yuk simak penjelasannya berikut!

Honda Regular Dealer

Honda Regular Dealer merupakan dealer paling basic dengan jumlah jaringan paling banyak tersebar di seluruh Indonesia. Umumnya Honda Regular Dealer hanya menjual motor-motor skutik, moped, dan sport entry level dengan harga murah. Motor-motor seperti BeAT series, Vario series, Revo series, Supra series, Verza, MegaPro, CB150R, dan CBR150R dijual di Honda Regular Dealer. Tentu saja pelayanan di Honda Regular Dealer juga basic, tidak ada yang cukup istimewa.

“Di Indonesia itu ada tiga macam dealer. Yang pertama dealer reguler. Dealer reguler ini sama seperti dealer-dealer biasa pada umumnya. Jadi jual motor ya motor-motor biasa saja. Ini namanya dealer reguler,” ungkap Pak Eko Suryo, Manager Honda Customer Care Center (HC3) di PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) selaku main dealer Honda wilayah Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur, ketika kongkow bareng blogger otomotif Jawa Timur di Ciputra World, Jumat (3/2/2017) lalu..

Honda Wing Dealer

Pada dasarnya Honda Wing Dealer itu merupakan dealer yang mendapatkan lisensi menjual motor-motor premium dari Honda dengan harga yang agak mahal. Untuk saat ini motor-motor yang dijual oleh Honda Wing Dealer masih cukup terbatas, antara lain PCX150, CBR250RR, dan CRF250RALLY. Tapi bukan berarti dealar yang mendapatkan label Honda Wing Dealer cuma menjual tiga varian motor itu saja. Nggaaaak… Bisa dibilang ini adalah toko di dalam toko. Dalam satu toko ada dua divisi, yaitu divisi regular dan divisi premium. Artinya, varian produk yang dijual oleh Honda Wing Dealer lebih lengkap dibandingkan dengan Honda Regular Dealer karena menjual motor regular dan premium sekaligus.

Nah, karena dalam satu toko ada dua divisi (regular dan premium), maka pelayanan yang diberikan kepada konsumen regular dan konsumen premium juga dibedakan. Konsumen yang membeli motor entry level (regular) mendapatkan pelayanan yang biasa saja, sedangkan konsumen yang membeli motor premium mendapatkan perlakukan khusus. Misalnya saja di dalam Honda Wing Dealer terdapat Wing Corner yang digunakan sebagai tempat untuk melayani pembeli motor premium (PCX150, CBR250RR, CRF250RALLY), tersedia beberapa macam minuman dan snack; dilayani oleh sales pilihan yang khusus menangani motor premium; sales motor premium ikut mengantarkan unit motor ke rumah konsumen; setelah pembelian mendapatkan prioritas ketika melakukan servis motor; dan berbagai privilege lain yang mungkin berbeda dari satu Honda Wing Dealer dengan Honda Wing Dealer lainnya. Yang jelas pembeli motor premium di Honda Wing Dealer bakal mendapatkan perlakuan yang lebih spesial dibandingkan dengan konsumen motor regular. Hingga artikel ini dibuat, jumlah Honda Wing Dealer di Indonesia mencapai 145 outlet yang tersebar dari Aceh sampai Papua.

“Dealer Wing khusus untuk menjual motor-motor premium. Kalau mau beli motor CBR250RR nggak ada di dealer biasa. Adanya di dealer Wing. Dealer-dealer Wing diharapkan bisa mengakomodir konsumen lebih dekat lagi. Kok nggak semua dealer (bisa jual motor premium)? Karena motor premium ini harus benar-benar dilayani secara premium dan butuh standarisasi, kemampuan melayani, dan sebagainya yang sesuai dengan standar premium. Beda dengan motor-motor biasa. Kalau motor premium dilayani secara biasa, nanti dia turun grade-nya. Kita pengen motor premium tetap dilayani secara premium,” kata Pak Eko.

“Kalau konsumen datang ke dealer ingin membeli motor premium, itu ada lokasinya sendiri. Namanya Wing Corner. Begitu masuk disambut dengan greeter dan dilayani oleh sales Wing. Sales Wing itu sales yang berbeda dengan sales reguler. Cara melayaninya beda. Itu juga kita melatih berkali-kali, sampai lima sampai enam kali pertemuan, melatih terus setiap bulan, bahkan sampai diajari naik motor gede. Sales Wing diharapkan mengerti lebih jauh konsumen secara personal, agar antara sales Honda dengan konsumen bisa engage, karena konsumen premium berbeda dengan konsumen reguler,” ujarnya lebih lanjut.

“Ketika masuk ke Honda Wing Dealer banyak hal-hal yang spesial untuk konsumen Wing. Misalkan ditawari minuman yang beda dengan yang lainnya, saat servis motor ada fast track, artinya nggak perlu antre langsung masuk ke pit. Sehingga harapannya konsumen premium ini bisa dilayani sesuai dengan motornya. Kalau motor mahal ya harusnya sih dilayani secara spesial dibandingkan dengan motor yang biasa-biasa saja. Itu yang membuat nggak semua dealer bisa menerapkan layanan sesuai dengan standar tersebut, karena memang dibuat sedemikian rupa sangat spesial,” jelas Pak Eko.

Honda Big Wing Dealer

Honda Big Wing Dealer boleh dibilang merupakan kasta tertinggi dalam jaringan penjualan motor Honda. Biasanya Honda Big Wing Dealer hanya dimiliki oleh main dealer di sebuah wilayah. Saat ini jumlah Honda Big Wing Dealer hanya ada 10 outlet yang semuanya berada di kota-kota besar. Sama seperti Honda Wing Dealer, Honda Big Wing Dealer ini juga tergolong sebagai toko di dalam toko. Kalau Honda Wing Dealer hanya ada “dua toko bayangan” di dalam satu gedung toko, maka dalam Honda Big Wing Dealer terdapat “tiga toko bayangan” dalam satu gedung toko. Artinya, di dalam sebuah dealer yang memiliki label “Honda Big Wing Dealer” melayani penjualan motor regular, motor premium, dan big bike (moge) sekaligus.

Karena memiliki tiga divisi dalam satu toko, maka Honda Big Wing Dealer memberikan tiga pelayanan yang berbeda kepada konsumennya. Pertama, konsumen motor regular mendapatkan standar pelayanan basic sesuai dengan standar Honda. Ada lokasinya sendiri. Kedua, konsumen motor premium mendapatkan standar pelayanan premium seperti yang sudah dijabarkan di atas. Lokasi pelayanan ada di Wing Corner. Ketiga, Honda Big Wing Dealer memiliki ruangan khusus yang berfungsi untuk memajang big bike dan melayani konsumen-konsumen pembeli big bike yang harganya mencapai ratusan juta rupiah. Sudah pasti pelayanan yang diberikan oleh konsumen big bike ini paling spesial dan berada jauh di atas konsumen regular maupun konsumen premium.

Kesimpulannya begini bro… Kalau pengen beli motor entry level Honda, itu bisa dilakukan diseluruh dealer. Bisa di Honda Regular Dealer, bisa di dealer dengan label Honda Wing Dealer, dan bisa juga di dealer yang memiliki label Honda Big Wing Dealer. Amat sangat fleksibel! Tapi kalau bro pengen beli motor-motor premium seperti PCX150, CBR250RR, dan CRF250RALLY, hanya bisa dilakukan di dealer yang memiliki label Honda Wing Dealer dan Honda Big Wing Dealer. Terakhir, kalau mau beli big bike dari Honda (CB500F, CB500X, CBR500R, CB650F, CBR650F, NM4 Vultus, CBR1000RR SP, & CRF1000L Africa Twin) cuma bisa dilayani di dealer dengan label Honda Big Wing Dealer. Semoga berguna!


Advertisements