Tips Setup Motor Trail Seperti Rider Hard Enduro Profesional

Persiapan merupakan salah satu kunci utama agar bermain off road berjalan mulus dan lancar. Para rider profesional yang terjun di kompetisi Hard Enduro umumnya membutuhkan waktu antara lima hingga delapan jam untuk mempersiapkan motornya agar benar-benar siap bertarung di kompetisi yang super ketat dan keras. Uniknya, pada kokpit motor trail enduro yang super sempit itu para rider Hard Enduro profesional bisa menyimpan banyak banget barang yang sangat berguna sepanjang perjalanan. Memang seperti apa persiapan yang dilakukan oleh para rider Hard Enduro profesional seperti Alfredo Gomez, Jonny Walker, atau Graham Jarvis terhadap motornya sebelum terjun ke kompetisi Hard Enduro? Bro sekalian bisa simak foto-foto lengkap dengan caption berikut ini ya!

GPS jadi komponen yang cukup penting ketika melakukan kegiatan off road. Rider Hard Enduro profesional biasanya menggunakan dua GPS sekaligus yang direkatkan pada busa handlebar. Tapi kalau hanya untuk fun off road sih satu GPS juga sudah cukup. Buat jaga-jaga saja kalau nyasar. Di sebelah kanan dan kiri stang ada beberapa sachet energy gel yang berguna untuk menambah tenaga dalam perjalanan. Energy gel biasanya direkatkan ke handlebar menggunakan tali karet bekas ban dalam. Kalau nggak ada energy gel ya bisa diganti dengan coklat batangan dalam kemasan sachet. Kemudian mereka juga membawa kabel ties yang ditali di triple clamps.

Rider KTM Alfredo Gomez biasa merekatkan energy gel atau suplemen makanan dalam kemasan sachet pada handlebar. Cara ini dilakukan agar dia bisa tetap mengkonsumsi energy gel tanpa perlu berhenti.

Sachet energy gel sengaja direkatkan menggunakan tali karet yang kuat agar ketika satu sachet diambil, yang lainnya tidak rontok. Rider Hard Enduro profesional membuka sachet energy gel menggunakan gigi dengan tetap mengendarai motornya, tanpa berhenti.

Alfredo Gomez biasa memasang jam tangan karet pada bagian handlebar agar dia tetap bisa memantau waktu ketika riding menggunakan motornya.

Berbeda dengan Alfredo Gomez yang menaruh energy gel di bagian handlebar, Jonny Walker lebih senang menaruh suplemen makanan ini di bagian suspensi depan, tepatnya antara triple clamp atas dan triple clamp bawah. Perekatan bisa dilakukan menggunakan double tape atau lakban.

Sarung tangan cadangan yang bersih dimasukkan ke dalam plastik, kemudian diselempitkan di dashboard, tepatnya ruang kosong antara headlight dan handlebar. Ini untuk mengantisipasi kondisi sarung tangan yang dipakai sudah kotor dan basah, sehingga perlu pengganti.

Daripada menyimpan suku cadang (spare parts) di dalam backpack yang tentunya menambah beban di punggung dan bahu, mendingan menali spare parts ke sejumlah bagian motor. Salah satunya bisa ditali di bagian sasis menggunakan kabel ties.

Frame bagian dalam jadi lokasi yang ideal untuk menyimpan tuas perseneling cadangan. Bukan rahasia lagi ketika bermain off road tuas perseneling rawan bengkok atau patah, sehingga perlu membawa cadangan.

Kebanyakan rider profesional maupun yang hanya sekedar penghobi menggendong hydro bag di punggung mereka. Isi hydro bag ya sudah jelas berupa air minum. Bisa air mineral biasa, bisa pula air mineral yang diberi tambahan madu atau apapun yang mengandung glukosa sebagai penambah energi. Dari penampungan air di hydro bag dihubungkan dengan selang yang direkatkan langsung ke helm menuju mulut. Biar gampang, nggak perlu berhenti ketika ingin minum. Tinggal sedot saja dari selang.

Kebanyakan rider profesional nggak bawa tali-tali seperti ini karena mereka jarang sekali stuck ketika melewati medan yang sulit sekalipun. Tapi kalau hanya untuk fun off road sebagai hobby, nggak ada salahnya bawa tali buat jaga-jaga ketika motor stuck dan perlu evakuasi, perlu ditarik-tarik. Tali bisa direkatkan ke front fender menggunakan tali lain yang elastis seperti karet.

Jika ada barang-barang yang sangat berkesan dari istri, anak, anggota keluarga lainnya, atau orang tersayang, nggak ada salahnya dibawa dan ditempelkan di motor. Tentunya bukan barang yang berukuran besar, tapi barang yang kecil-kecil saja. Bisa boneka atau sekedar foto.

Yups, begitulah sejumlah persiapan yang seringkali dilakukan oleh para rider Hard Enduro profesional sebelum terjun di medan off road. Mungkin bro sekalian bisa meniru persiapan-persiapan mereka biar off road jadi lebih menyenangkan dan berjalan dengan lancar tanpa kendala apapun.

Sumber: Enduro21.com


Advertisements