• Home »
  • Article »
  • Kabarnya Sherco Indonesia Jajaki Kemungkinan Rakit Motor di Pabrik Viar

Kabarnya Sherco Indonesia Jajaki Kemungkinan Rakit Motor di Pabrik Viar

Bro sekalian… Ada kabar yang cukup menarik bagi kalangan pecinta motor off road di Indonesia. Selentingan kabar yang masuk ke newsroom Adventuriderz.com menyebut bahwa Sherco Indonesia yang dimotori oleh Xtremerated (XClub) sedang menjajaki peluang untuk merakit motor Sherco di pabrik Viar yang berada di Semarang, Jawa Tengah. Selama ini motor-motor Sherco masuk ke Indonesia masih dalam bentuk utuh (CBU) dari markas besar Sherco di Perancis.

Beberapa waktu yang lalu pihak Sherco Indonesia memang pernah mengungkapkan kepada media mengenai kemungkinan untuk mendatangkan motor secara terurai (CKD) kemudian merakitnya di Indonesia. Malah Sherco Indonesia juga menyebut bakal lebih baik kalau ada beberapa komponen yang menggunakan vendor lokal di Indonesia, seperti ban dan lain-lain. Hal itu dilakukan agar harga jual yang diusung Sherco Indonesia bisa ditekan, nggak terlalu mahal. Namun saat itu Sherco Indonesia memang nggak menyebut akan merakit produknya di pabrik Viar.

Jika benar Sherco Indonesia jadi merakit motornya di pabrik Viar, tentunya bakal menguntungkan kedua pihak. Dari sisi Sherco bisa menekan harga jual produk lantaran sejumlah komponen bisa disuplai oleh vendor-vendor lokal di Indonesia, ditambah dengan bea masuk impor motor CKD pastinya lebih murah dibandingkan dengan motor CBU. Lalu dari sisi Viar, perakitan motor-motor Sherco di pabriknya bisa mengangkat brand image. Kenapa? Karena salah satu brand motor off road ternama di dunia saja berani mempercayakan perakitan produknya di pabrik Viar. Artinya, eksistensi Viar di industri otomotif roda dua di Indonesia nggak perlu diragukan lagi! Dari situ Viar juga bisa mempelajari komponen-komponen unggulan kelas dunia yang dipasang pada motor off road Sherco sebagai bahan untuk memperbaiki kualitas di masa yang akan datang pada produknya sendiri.

Adventuriderz.com pernah berkunjung ke pabrik Viar untuk melihat proses produksi motor trail Cross X series. Semua komponen dirakit mulai dari yang paling kecil, benar-benar dari komponen yang masih printilan. Mesin yang masih didatangkan dari China pun dalam bentuk komponen yang benar-benar terurai, bukan didatangkan dalam bentuk mesin gelondongan. Sehingga kemampuan Viar dalam merakit motor yang masih dalam wujud komponen terurai sudah sangat bisa diandalkan. Apalagi kapasitas produksi di pabrik Viar juga lumayan besar, sangat mampu kalau hanya untuk menampung perakitan motor Sherco yang paling-paling cuma 100-200 unit saja per tahun. Kita lihat nanti deh, apakah benar penjajakan ini bakal terealisasi.

Advertisements