Icip-Icip Viar Cross X 200 ES, Potensi Tenaganya Lumayan Gede!



Beberapa hari yang lalu Adventuriderz.com diajak ketemu, ngobrol, dan ngopi-ngopi santai oleh Regional Manager PT Triangle Motorindo (Viar Motor Indonesia) Jawa Timur Bagian Barat Pak Harris Pudjo Suprapto di sebuah rumah makan yang ada di daerah Tulangan, Sidoarjo (Baca: Sharing Session dengan Viar Motor Indonesia Jawa Timur). Asyiknya Pak Harris yang datang bersama rombongan SR Motor (salah satu dealer Viar di Jawa Timur) membawa motor trail Cross X 200 ES yang masih sangat kinyis-kinyis lengkap dengan bungkus plastik yang masih terpasang untuk dites oleh Adventuriderz.com dan beberapa orang blogger otomotif lainnya. Sayangnya lokasi test ride memang kurang proper. Cuma muter-muter di halaman rumah makan yang cukup luas dan masih dalam wujud tanah. Paling banter ke jalan raya. Paling ideal ngetes motor trail seperti ini sebenarnya ya di jalur off road. Tapi nggak masalah deh daripada nggak sama sekali. Apalagi test rider juga nggak melengkapi diri dengan riding gear yang benar. Mungkin di lain kesempatan bisa test di jalur off road yang sesungguhnya. Terus gimana impresi nunggang Cross X 200 ES mas?

Yups… Cross X 200 ES memang sudah dirilis oleh Viar sejak akhir Oktober 2016 lalu. Tapi baru sekarang Adventuriderz.com bisa melihat secara langsung sosok motor trail baru ini. Setelah melihat Cross X 200 ES warna merah dari dekat, motor ini memang tampak ganteng dan fotogenik berkat frame model twin spar, stang fatbar, suspensi depan upside down, suspensi belakang mono shock dengan tabung, desain knalpot kece, dan kaca spionnya keren. Dari ujung depan sampai dengan ujung belakang semuanya digarap lumayan rapi. Setidaknya ada improvement lah dibandingkan dengan pendahulunya, Cross X 200 GT. Dan satu hal yang nggak kalah penting, dalam paket penjualannya Cross X 200 ES sudah dilengkapi dengan berbagai kelengkapan jalan raya seperti headlight, tail light, turn light, mirror, konsol speedometer, horn, dan plate holder. Kenapa? Karena motor ini secara default dijual dalam bentuk on the road, lengkap dengan surat-surat. Nggak perlu cash untuk beli motor ini, bisa kredit bro!

Kali ini kita nggak akan bahas lagi mengenai seperti apa spesifikasi Cross X 200 ES karena sudah banyak dibahas di artikel-artikel terdahulu. Jadi langsung saja coba ditunggangi… Impresi pertama, Cross X 200 ES memiliki seat height yang lumayan tinggi, lebih tinggi dibandingkan dengan Cross X 200 GT. Tapi dengan stang model fatbar, poisisi dukuk di atas Cross X 200 ES ini cukup nyaman dan bersahabat buat rider setinggi 178 cm seperti Adventuriderz.com. Untuk posisi berdiri pun nggak ada masalah sama sekali. Enaaak!

Coba langsung start engine, terdengar suara yang cukup menggelegar dari knalpot Cross X 200 ES. Masuk ke gigi 1 cukup smooth… Adventuriderz.com langsung membetot gas Cross X 200 ES sedalam-dalamnya, suara mesin langsung meraung kencang, dan ban belakang sliding ke kanan-kiri. Sepertinya ada potensi power dan torsi besar yang terpendam pada mesin Cross X 200 ES. Memang nggak mengherankan sih. Soalnya Viar sendiri mengklaim power Cross X 200 ES tembus 17,4 HP dan torsi maksimalnya mencapai 15 Nm. Ada peningkatan yang lumayan besar daripada Cross X 200 GT. Sayangnya lokasi test ride nggak bisa mengakomodir potensi Cross X 200 ES secara maksimal. Soalnya potensi maksimal motor off road baru benar-benar keluar ketika dipakai di jalur off road. Kalau jalan yang dilewati rata-rata saja sih rasanya justru lebih inferior ketimbang street bike.

Terus gimana dengan suspensinya mas? Satu hal yang Adventuriderz.com rasakan, suspensi Cross X 200 ES masih tergolong stiff. Terutama di bagian suspensi depan. Kayaknya nggak jauh berbeda dibandingkan dengan Cross X 200 GT. Tapi bro nggak perlu heran atau bertanya-tanya, karena sudah lumrah suspensi upside down motor trail entry level dari brand lokal seperti ini relatif stiff. Adventuriderz.com sudah coba beberapa motor trail entry level dari brand lokal. Cita rasa suspensinya mirip-mirip lah. Mungkin next time bisa nyoba Cross X 200 ES di medan off road beneran biar performa mesin dan suspensi bisa tergali dengan maksimal.

Last, secara built quality Cross X 200 ES sudah ada kemajuan yang cukup signifikan dibandingkan dengan Cross X 200 GT. Desain Cross X 200 ES juga lebih ganteng, lebih kokoh, dan pastinya lebih menggoda bagi para penggemar motor trail. Performa juga ada peningkatan dari Cross X 200 GT, meskipun belum bisa digali dengan maksimal. Soal harga, dari berbagai paket lengkap yang diberikan oleh Viar, harga Cross X 200 ES ini tergolong terjangkau. Di Jawa Timur, Cross X 200 ES bisa didapatkan dengan harga Rp 28,8 juta on the road. Artinya Cross X 200 ES legal dipakai di jalan raya sekaligus siap dipakai blusukan di medan off road tanpa perlu melakukan upgrade maupun mengganti part apapun. Langsung gas saja bro! Semuanya sudah off road ready!!!


Advertisements