Seperti Ini Gambaran Suzuki RM-Z450 Supermoto Model Year 2018

Suzuki RM-Z450 Supermoto

Dalam waktu beberapa tahun terakhir Suzuki memang terlihat kurang greget dalam bermain di segmen motor motocross, enduro, dual sport, hingga supermoto. Pokoknya motor-motor yang mengandung unsur dirt bike boleh dibilang kurang diopeni. Kalaupun ada yang cukup diperhatikan, paling-paling itu dari klan motocross RM-Z450 dan RM-Z250. Itupun development-nya nggak seserius apa yang dilakukan oleh Honda, Yamaha, KTM, atau Husky. Beruntung pada tahun 2016 lalu Suzuki sempat mengeluarkan motor enduro baru bernama RMX450Z. Selanjutnya, kemungkinan bakal memiliki lineup supermoto baru yang dikembangkan dari basis motocross RM-Z450!

Salah satu dealer Suzuki di Jerman, DSR-Suzuki, mengunggah foto hasil Photoshop sebuah motor dengan tipe supermoto yang diberi nama sebagai RM-Z450WS. Basis dari olah digital yang dikeluarkan oleh DSR-Suzuki itu sebenarnya adalah sosok motor motocross RM-Z450 yang dipakai oleh Suzuki di ajang balap MXGP. Nggak banyak yang diubah dari sosok motocross menjadi sebuah supermoto. Cuma bagian bannya saja yang diganti menjadi ring 17-17 inch model slick yang sepertinya amat sangat siap diterjunkan ke sirkuit supermoto yang didominasi oleh aspal. Selain itu, piringan rem cakram di bagian depan juga diganti dengan diameter yang lebih besar. Mungkin pertimbangnnya agar pengereman si supermoto menjadi jauh lebih mantap.

Jika benar Suzuki mengeluarkan supermoto RM-Z450WS untuk model year 2018 nanti, maka lineup supermoto dari Suzuki bakal bertambah jadi dua varian. Sekarang Suzuki udah punya supermoto DR-Z400SM. Sayangnya DR-Z400SM udah lama banget nggak mendapatkan update. Ini motor bener-bener jadul, baik dari segi desain, fitur, hingga teknologi. Sama sekali nggak kekinian. Apalagi DR-Z400SM berasal dari klan DR series yang performanya nggak semengkilap klan RM series. Oh ya, beberapa waktu yang lalu dealer Suzuki di Italia, Valenti Racing, juga membangun supermoto sendiri dari basis motor enduro terbaru RMX450Z. Namanya adalah Suzuki Valenti SM 450 Z. Motor ini nggak dijual secara global, melainkan hanya dijual khusus oleh dealer Suzuki Valenti Racing. Menariknya, Suzuki Valenti SM 450 Z merupakan supermoto street legal yang bisa dipakai di jalan raya lantaran sudah lolos uji emisi dengan standar Euro 4. Semoga saja supermoto RM-Z450WS juga bisa street legal saat diluncurkan nanti ya!

Suzuki RM-Z450 Motocross


Advertisements