• Home »
  • Article »
  • Market Share Suzuki Semakin Anjlok, Mestinya Cepatan Rilis Motor Trail!

Market Share Suzuki Semakin Anjlok, Mestinya Cepatan Rilis Motor Trail!


Mencermati data distribusi motor (wholesale) dari anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) pada Januari 2017 memang cukup bikin garuk-garuk kepala. Honda semakin perkasa, sedangkan yang lainnya babak belur karena market share-nya turun drastis. Salah satu pabrikan yang mengalami penurunan cukup signifikan adalah Suzuki nih bro… Pada Januari 2017, Suzuki cuma bisa mendistribusikan 3.511 unit motor. Padahal pada periode yang sama tahun lalu Suzuki masih bisa mengirimkan 5.587 unit motor. Berarti ada penurunan sebanyak 37 persen. Jelas ini bukan angka yang kecil.

Penurunan penjualan Suzuki boleh jadi karena demand terhadap Satria F150 yang sebelumnya menjadi andalan sudah turun drastis. Sebenarnya Suzuki terlihat mulai bangkit dengan mengeluarkan GSX-R150 dan GSX-S150 yang diperkenalkan sebelum akhir tahun lalu. Sayangnya, nggak lama setelah GSX-R150 dan GSX-S150 diluncurkan, Yamaha menyerang dengan memperkenalkan New YZF-R15 pada Januari 2017, motor dengan desain fresh, suspensi depan upside down, pakai slipper clutch, hingga mesin 155 cc SOHC VVA yang powerful tembus 19 HP. Memang New YZF-R15 belum ada di dealer-dealer, tapi paling nggak peluncuran yang dilakukan oleh Yamaha sedikit banyak bikin galau konsumen yang ingin membeli GSX-R150, meskipun nggak bisa dipungkiri motor besutan Suzuki harganya masih lebih murah. Belum lagi efek jaringan penjualan banyak yang gulung tikar.

Ya kalau sekarang sih Suzuki mesti bertahan dan berpikir keras gimana caranya GSX-R150 dan GSX-S150 tetep laku di tengah persaingan motor sport 150 cc yang begitu gila. Sambil bertahan dengan duo GSX andalan, nggak ada salahnya Suzuki juga segera mengelurkan motor trail entry level sebagai pesaing bagi Kawasaki KLX150. Persaingan di segmen motor trail entry level jelas lebih minim walaupun market share-nya juga nggak sebanyak motor sport 150 cc. Ngeluarin DR200S yang sudah ada di pasar global boleh, bikin motor trail baru 150 cc dari basis mesin GSX-R150 juga nggak masalah. Yang penting jangan lama-lama. Suzuki mesti gesit. Jangan sampai seperti yang sudah-sudah, ketika market mulai penuh dan jenuh, justru Suzuki baru masuk. Itu namanya bunuh diri!


Advertisements