Tips Setting Suspensi Yamaha YZ Series untuk Off Road Adventure


Bro sekalian… Motor off road dari Yamaha sudah resmi dijual di Indonesia sejak tahun lalu oleh PT El Rhino Global menggunakan bendera Yamaha CBU Off Road Indonesia. Dalam kurun waktu yang cukup singkat, populasi motor off road dari Yamaha di Indonesia jadi lumayan banyak. Hal itu memungkinkan terjadi karena Yamaha CBU Off Road Indonesia menjual produk dengan harga yang terjangkau. Misalnya saja untuk kapasitas dan tipe mesin yang sama, harga motor off road Yamaha bisa lebih murah Rp 50 juta ketimbang motor brand Eropa. Padahal performa mereka bisa dibilang mirip-mirip. Jelas penawaran harga yang menarik dari Yamaha CBU Off Road Indonesia itu membuat produknya bisa populer dalam waktu singkat.

Saat ini Yamaha CBU Off Road Indonesia hanya menjual motor Yamaha dari klan YZ series. Dari varian motocross ada beberapa tipe, antara lain YZ85LW, YZ125, dan YZ250F, sedangkan dari varian off road alias enduro cross country ada nama-nama seperti YZ250X dan YZ250FX. Untuk kegiatan off road adventure, pastinya YZ250X (2T) dan YZ250FX (4T) yang bisa jadi pilihan karena keduanya memang diciptakan sebagai motor off road, bukan motocross yang lintasannya cuma di sirkuit.

Sayangnya, banyak penunggang YZ250X dan YZ250FX kerap mengeluhkan settingan suspensi standar pabrik yang keras sehingga nggak nyaman buat off road adventure. Hal itu sebenarnya bisa dimaklumi bro, soalnya YZ250X dan YZ250FX diciptakan sebagai motor enduro competition untuk rider-rider profesional yang bisa melaju sangat kencang di lintasan off road. Buat rider pemula atau yang baru naik kelas ke motor seperti ini memang cukup menyiksa. Beruntung, Big Boss Yamaha CBU Off Road Indonesia Mr. Dechamps Arnaud langsung berbagi tips mengenai bagaimana cara setting suspensi Yamaha YZ series agar lebih nyaman dipakai untuk off road adventure. Cara setting suspensi YZ250X maupun YZ250FX itu sama saja karena keduanya sama-sama menggunakan suspensi Kayaba SSS. Monggo langsung simak penjelasan dari Mr. Arnaud dalam video berikut:


Advertisements