2017, Yamaha CBU Off Road Indonesia Targetkan Jual 550 Unit Motor



Sebagai pendatang baru di segmen motor off road nasional yang hadir sejak tahun 2016, Yamaha CBU Off Road Indonesia (PT El Rhino Global) yang ditunjuk sebagai distributor resmi motor off road Yamaha di Indonesia memasang target yang cukup tinggi pada tahun 2017. Nggak tanggung-tanggung, Yamaha CBU Off Road Indonesia memproyeksikan bisa menjual sebanyak 550 unit motor sepanjang tahun ini. Mungkinkah target itu tercapai di tengah persaingan yang sangat ketat dengan para brand-brand motor off road kenamaan asal Eropa?

Saat berbincang dengan Adventuriderz.com melalui pesan instan, Big Boss Yamaha CBU Off Road Indonesia Mr. Deschamps Arnaud mengaku optimis pada tahun 2017 bisa menjual sebanyak 550 unit motor Yamaha yang terdiri dari tipe motocross YZ125 dan YZ250F serta tipe off road/enduro cross country YZ250X dan YZ250FX. Malah sebenarnya stok 550 unit YZ series yang disediakan oleh Yamaha CBU Off Road Indonesia itu masih lebih sedikit kalau dibandingkan dengan permintaan dari konsumen. Bahkan Mr. Arnaud sesumbar bisa menjadi market leader di segmen motor off road nasional berkat strategi pricing yang tepat.

“Peminat motor kami jauh lebih besar daripada stok yang kami miliki. Saat ini kami memang sudah proses agar motor off road kami menjadi market leader di pasar dengan harga yang jelas, harga spare parts terjangkau, dan yang nggak kalah penting spare parts itu ready stock. Forecast kami tahun ini untuk YZ series adalah 550 unit,” ungkap Mr. Arnaud.



Sejak diluncurkan tahun lalu, produk-produk dari Yamaha CBU Off Road Indonesia memang langsung menjadi idola di kalangan para penggemar off road di Indonesia. Permintaan yang membludak itu terjadi karena Yamaha CBU Off Road Indonesia memasang harga yang sangat cantik. Misalnya saja motor off road 4-stroke YZ250FX cuma dibandrol Rp 90 jutaan alias lebih murah Rp 50-60 juta dibandingkan dengan motor off road 250 cc 4-stroke dari merek Eropa. Padahal dari sisi performa dan bobot, produk Yamaha juga nggak kalah saing. Apalagi kalau nggak salah Yamaha CBU Off Road Indonesia baru saja menggandeng Variasi MX untuk membuka showroom kedua yang berlokasi di Bandung. Sayangnya belakangan terjadi kendala dalam impor YZ series dari Jepang membuat jangka waktu indent tidak sesuai dengan yang sudah dijanjikan kepada konsumen. Namun Mr. Arnaud menyebut konsumen nggak perlu khawatir karena barang akan segera datang ke Indonesia.

“Ada peraturan baru dari pemerintah yang membuat impor motor baru tahun 2017 sedikit terhambat. Saat ini forecast dari ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek), motor baru masuk bulan Maret 2017. Motor untuk tahun 2017 masuk bulan Maret dan bulan-bulan berikutnya di Indonesia secara lancar karena sudah di-approve sama pemerintah,” ujarnya.

Advertisements