Memprediksi Harga Motor Adventure 200/250 cc dari Viar

Dalam waktu yang nggak terlalu lama lagi kemungkinan Viar Motor Indonesia bakal meluncurkan dua motor adventure sekaligus nih bro… Masing-masing motor punya kapasitas mesin 200 cc dan 250 cc. Untuk versi 250 cc sih wujudnya udah sering nampang di dunia nyata maupun dunia maya. Prototipe motor adventure 250 cc udah pernah dipamerkan kepada publik di Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2016, dan akhir pekan kemarin dites secara terbuka di Bukit Hambalang (Bogor). Gimana dengan versi 200 cc? Penampakannya belum pernah nongol. Tapi kemungkinan nggak berbeda dengan versi 250 cc.

Untuk varian 250 cc bisa dipastikan menggunakan basis mesin yang sama dengan motor trail Cross X 250 ES berupa mesin 249 cc, 1-silinder, SOHC, 4-stroke, dan berpendingin cairan. Kalaupun ada perbedaan, kemungkinan terletak pada rasio gear dan sistem pembakaran. Sebagai motor adventure yang tentunya mesti street legal, versi 250 cc kemungkinan besar menggunakan sistem pembakaran injeksi bro! Memang belum ada info official dari Viar. Ini cuma sebatas dugaan Adventuriderz.com saja. Kenapa? Rasanya sulit buat mesin 250 cc lulus uji emisi tanpa menggunakan sistem injeksi. Iya kan??

Di sisi lain, varian 200 cc kemungkinan besar menggunakan basis mesin yang sama dengan motor trail Cross X 200 ES yang baru diluncurkan menjelang akhir tahun 2016 lalu. Mesin 200 cc ini tergolong masih sederhana dengan mengusung model SOHC 2-valve, sistem pembakaran karbu, dan berpendingin udara. Meskipun demikian, output power mesin ini tergolong lumayan karena mampu melontarkan tenaga maksimal 17,4 HP dan torsi maksimal 15 Nm. Bisa jadi varian 200 cc bakal jadi idola ketimbang varian 250 cc ketika diluncurkan nanti. Alasannya sih jelas karena 200 cc harganya pasti lebih murah!

Salah satu pembahasan yang menarik, kira-kira berapa ya bandrol harga motor adventure Viar, baik yang 200 cc maupun 250 cc? Lagi-lagi belum ada info official. Lha wong motornya aja belum dirilis kok. Tapi kalau hanya sekedar memprediksi, kemungkinan besar motor adventure Viar dijual di rentang harga Rp 30-40 juta untuk varian 200 cc. Pastinya motor adventure 200 cc lebih mahal dibandingkan dengan versi trail Cross X 200 ES. Kemudian untuk versi 250 cc bisa saja harganya di atas Rp 50 juta. Kemahalan? Kalau menurut Adventuriderz.com masih cukup logis. Kenapa? Karena Viar berencana menjual motor adventure yang sudah dilengkapi dengan crash bar/engine guard dan panniers box. Dua piranti itu nggak dijual eceran, sudah satu paket dengan motor. Kemudian motor adventure pastinya dijual on the road. Biaya pembuatan surat-suratnya juga nggak sedikit kan? Oh ya, media otomotif seperti Dapurpacu.com malah udah menyebut angka Rp 35 juta untuk versi 200 cc dan Rp 55 juta untuk versi 250 cc.

Ada satu masukan dari Adventuriderz.com buat Viar mengenai motor adventure yang akan dikeluarkan nanti… Saran Adventuriderz.com sih mendingan versi produksi massal nanti motor adventure-nya pakai velg jari-jari ring 17-19 inch atau malah 18-21 inch biar lebih macho dan unsur adventure-nya lebih dapat. Ring 17-19 inch aja udah cukup lah kalau 18-21 inch terlalu besar dan malah terkesan seperti motor trail tulen. Jangan pakai velg palang dengan ukuran nggak lazim 15-18 inch seperti pada prototipe. Bikin puyeng cari ban penggantinya di pasaran.

Advertisements