Barang-Barang yang Perlu Dibawa Saat Riding Adventure Plus Camping



Riding adventure belakangan menjadi kegiatan yang cukup marak dilakukan oleh para rider, baik itu menggunakan motor adventure tulen, motor dual sport, maupun motor biasa yang dimodifikasi dengan gaya adventure. Mau pakai motor apa saja nggak masalah karena masing-masing rider punya gaya adventure-nya sendiri. Akan tetapi, riding adventure bakal jauh lebih menarik kalau destinasinya menuju ke tempat yang nggak biasa, ke tempat yang sepi, dan tempat yang bisa membuat rider menyatu dengan alam. Salah satu cara yang bisa membuat kita menyatu dengan alam adalah dengan melakukan riding adventure lengkap dengan camping. Pasti bakal lebih seru dibandingkan dengan hanya sekedar riding adventure.

Untuk melakukan riding adventure sekaligus camping, tentunya banyak hal yang perlu dipersiapkan. Mulai dari pemilihan lokasi camping hingga waktu pelaksanaan. Tapi yang nggak kalah penting dalam persiapan itu adalah membuat daftar barang apa saja yang mesti dibawah ketika melakukan aktivitas riding adventure plus camping. Kali ini Adventuriderz.com bakal memberikan daftar barang-barang yang mungkin berguna ketika bro sekalian melakukan perjalanan adventure yang disertai dengan camping!



Tenda

Untuk melakukan riding adventure dan camping, salah satu barang yang paling wajib dibawa adalah tenda. Di pasaran banyak banget macam-macam tenda. Ada tenda yang memang dirancang khusus buat para petulang bermotor dari yang simple sampai yang ribet dalam mendirikannya. Dari yang murah ratusan ribu sampai yang mahal dengan harga jutaan ada semua. Tapi kalau kesulitan mendapatkan tenda yang dirancang khusus buat pemotor, nggak ada salahnya kok membawa tenda dome yang banyak dijual oleh toko-toko outdoor gear.

Paling simple menggunakan tenda motor seperti milik Adventuriderz.com pada foto paling bawah. Sayangnya tenda itu cuma single layer (bukan dual layer) dan nggak pakai frame. Agak riskan buat camping di musim hujan maupun daerah pegunungan yang anginnya kenceng banget di malam hari. Kalau mau ribet bisa pakai model tenda seperti foto di atas, motor pun bisa masuk. Pilihan paling moderate ya pakai tenda dome. Usahakan pakai tenda dual layer ya, biar nggak kebocoran waktu hujan. Kalau pakai tenda single layer, hujan ringan aja biasanya air udah nembus rembes ke dalam tenda.

Matras

Matras sangat berguna sebagai alas tidur di dalam tenda maupun digunakan sebagai alas ketika duduk-duduk bersantai di depan tenda. Ketika berada di alam terbuka, sebaiknya jangan tidur tanpa alas sama sekali. Tenda biasanya memang sudah ada alasnya berupa terpal. Namun alangkah baiknya kalau mempersenjatai diri dengan matras biar tubuh nggak kena embun yang merembes dari bawah.

Sleeping Bag

Sleeping bag itu lumayan berguna kalau kita riding adventure plus camping di daerah pegunungan. Bukan rahasia lagi di daerah pegunungan itu udaranya dingin. Bahkan bisa jadi amat sangat dingin di malam hari. Tanpa sleeping bag, tubuh bro sekalian bisa menggigil kedinginan yang dikhawatirkan bisa terjadi hipotermia. Kalau di dataran rendah atau di pantai mungkin nggak dingin, tapi buat Adventuriderz.com sleeping bag tetap diperlukan biar nggak basah kena embun.

Hammock

Hammock nggak penting-penting amat saat camping. Tapi dengan hammock kita bisa santai tiduran bergelantungan di pepohonan. Membuat kita benar-benar menikmati gimana enaknya camping. Toh hammock ukurannya cukup ringkas. Bisa dimasukkan ke dalam tas atau panniers box dengan mudah. Ntah berguna atau tidak, ntah nemu pohon atau tidak sebagai tempat cantolan hammock, nggak ada salahnya kalau dibawa bro!

Lampu Penerangan

Pasti bro nggak mau kan gelap-gelapan di malam hari saat camping? Kalau nggak mau gelap-gelapan ya tentunya wajib bawa lampu penerangan. Banyak kok lampu penerangan LED yang simple dan multifungsi. Bisa sebagai senter dan bisa juga sebagai lampu penerangan biasa. Harganya di pasaran pun murah-meriah. Solousi lain kalau nggak bawa lampu penerangan sih bisa pakai api unggun.

Alat Masak

Asupan makanan jelas sangat diperlukan ketika sedang camping, dan yang paling asyik tentu saja adalah dengan memasak sendiri. Di pasaran banyak banget alat masak yang memang dirancang khusus untuk camping. Ukurannya kecil-kecil dan sangat ringkas. Ada kompor mini khusus camping lengkap dengan bahan bakarnya hingga alat masak outdoor yang lengkap dengan perlengkapan makan. Semuanya berukuran mungil dan sangat ringkas untuk dibawa. Jangan lupa bawa korek api untuk menghidupkan kompor ya! Buat rider non-perokok macam Adventuriderz.com ini paling sering lupa bawa korek api.

Bahan Makanan

Kalau udah bawa peralatan masak, tentu yang nggak boleh ketinggalan adalah membawa bahan makanan. Paling gampang sih bawa bahan makanan instan seperti mie instan, corned beef, sardines, roti, kopi, teh, jahe instan, dan lain-lain. Tapi nggak ada salahnya juga lho kalau bawa bahan makanan yang lebih sehat. Contoh bawa beras aja buat masak nasi; bumbu-bumbu masak yang umum seperti bawang merah, bawang putih, cabai, merica bubuk, dan garam; serta bawa beberapa butir telur ayam. Nanti telurnya pecah mas? Ya dimasukkan ke dalam Tupperware kecil biar nggak pecah. Kalau riding adventure di pegunungan kan banyak tuh perkebunan sayur. Nanti bisa beli sayur-sayuran dari petani sayuran di sana. Makanan instan boleh aja dibawa, tapi cuma sebagai backup. So, walaupun camping asupan makanan tetap sehat.

Pisau Lipat

Piranti yang satu ini jelas sangat penting untuk berbagai keperluan. Bisa untuk memotong-motong bahan masakan, bisa buat motong kayu kering pas pengen bikin api unggun, dan lain-lain. Bro bisa bawa pisau lipat yang kecil saja. Namun perlu diingat, pisau lipat ini mending disimpan rapat di dalam side bags, panniers box, atau tas apapun itu. Syukur kalau dibungkus lagi dengan koran atau plastik. Jangan sesekali menaruh pisau lipat di kantong atau menyelipkan di pinggang. Selain berbahaya untuk diri sendiri, kalau ada razia kepolisian nanti malah dikira untuk tindak kejahatan. Repot dah!

Bawa Air Mineral

Sebaiknya membawa air mineral yang cukup kalau misalnya nggak begitu yakin apakah tempat camping kita tersedia sumber air atau tidak. Nggak lucu kalau ternyata di sana jauh atau malah nggak ada sumber air. Mau minum repot, mau masak pun nggak bisa.

Kayaknya sih itu aja berbagai perlengkapan yang mungkin diperlukan ketika riding adventure sekaligus camping di alam terbuka versi Adventuriderz.com. Mungkin ada bro sekalian yang ingin menambahkan??

Advertisements