Kelebihan dan Kekurangan Adventure Menggunakan Motor Dual Sport



Pada dasarnya melakukan perjalanan adventure bisa dilakukan dengan motor apa saja. Mau pakai motor skutik, moped, naked sport, sport, dual sport, sampai dengan motor adventure beneran juga bisa. Tinggal disesuaikan saja dengan motor yang ada dan gaya adventure masing-masing. Soalnya pengertian adventure bagi masing-masing orang bisa beda-beda. Buat Adventuriderz.com sendiri lebih nyaman melakukan adventure menggunakan motor trail/dual sport atau motor off road street legal. Kalau udah ada rejeki ya nggak menutup kemungkinan suatu saat bisa riding adventure menggunakan motor adventure beneran. Tapi so far untuk saat ini sih belum.

Sekedar cerita aja, riding adventure menggunakan motor dual sport atau motor off road street legal itu ada enaknya dan ada nggak enaknya. Adventuriderz.com pernah melakukan perjalanan adventure jarak jauh mengelilingi semua taman nasional yang ada di Pulau Jawa selama sekitar 25 hari menggunakan motor Viar Cross X 200 SE. Pernah juga beberapa kali melakukan perjalanan jarak jauh memakai motor Kawasaki KLX150L. Paling nggak udah paham banget bagaimana suka duka riding adventure menggunakan motor dual sport. So, berikut ini Adventuriderz.com jabarkan kelebihan dan kekurangan melakukan riding adventure menggunakan motor dual sport!



Kelebihan Riding Adventure Pakai Motor Dual Sport

  1. Umumnya motor dual sport itu ramping dan ringan, sehingga lebih lincah ketika dipakai riding di medan off road, bahkan yang berat sekalipun.
  2. Ground clearance motor dual sport yang tinggi membuat motor jenis ini nggak canggung melibas berbagai macam gundukan tinggi atau kubangan yang dalam.
  3. Kombinasi antara suspensi dan ban berukuran besar (ring 18-21 inch) membuat jalan keriting bisa dilibas dengan nyaman.
  4. Ban dual purpose atau malah ban off road tulen yang terpasang motor motor dual sport dan motor off road street legal bikin asyik saat melintas di medan off road yang sulit.
  5. Torsi mesin yang besar membuat motor jenis ini asyik melibas berbagai obstacle, terutama tanjakan-tanjakan yang tinggi.
  6. Intinya motor dual sport atau motor off road street legal nyaman banget dan kuat dipakai di medan off road.

Kekurangan Riding Adventure Pakai Motor Dual Sport

  1. Jok motor dual sport/off road street legal umumnya tipis dan sempit, tentunya bikin bokong lebih cepat lelah ketika dipakai untuk riding jarak jauh.
  2. Jarak perpindahan gigi yang pendek-pendek kurang nyaman buat dipakai on road di jalan raya, terutama untuk perjalanan jarak jauh.
  3. Vibrasi motor dual sport/off road street legal lumayan berasa saat dipakai on road.
  4. Ban dual purpose dan ban off road tulen kurang nyaman dipakai untuk riding di aspal ketimbang ban tipe street.
  5. Tangki bahan bakar mungil, bikin rajin mampir SPBU.
  6. Sub-frame motor dual sport/off road street legal itu nggak begitu kuat, sehingga nggak bisa mengakomodasi bagasi dalam jumlah dan bobot yang besar.

Dari penjabaran tadi sebenarnya bisa dilihat kalau motor dual sport dan motor off road street legal lebih cocok dipakai untuk adventure jarak dekat yang kondisi medannya lebih didominasi oleh off road. Memang lebih asyik terus-terusan melintasi medan off road ketika adventure menggunakan motor dual sport dan motor off road street legal. Sedangkan kalau dipakai perjalanan jarak jauh di aspalan memang lumayan melelahkan. Tapi bukan berarti nggak bisa lho ya… Motor dual sport tetep bisa dipakai untuk perjalanan jarak jauh. Tinggal diatur saja bagaimana menangani berbagai kekurangannya. Misal tangki bahan bakar kecil bisa diganti dengan produk aftermarket yang kapasitasnya jauh lebih besar, bisa dua kali lipat dibandingkan dengan kapasitas tangki standar; jok tipis dan sempit bisa diakali di tukang jok; mengatur ritme perjalanan biar nggak lelah; dan berbagai solusi lain yang mungkin bisa diaplikasikan. So, mau adventure jarak jauh plus main-main di medan off road nggak masalah buat motor dual sport!

Advertisements