Tutorial Cara Menarik Motor Trail yang Sedang Mogok di Medan Off Road

Namanya bermain off road dengan motor trail nggak selamanya berjalan mulus. Bukan mustahil kita mengalami berbagai macam insiden, mulai dari mesin mogok, rantai putus, gear jebol, dan berbagai persoalan lain yang intinya membuat motor nggak bisa jalan. Mendorong motor sampai ke bengkel terdekat tentu bukan perkara gampang. Di medan off road, kita mengendarai motor aja bisa ngos-ngosan, apalagi kalau mendorong. Mungkin bisa bikin pingsan. Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah mengevakuasi dengan menarik motor trail yang mogok dengan motor lain!

Sayangnya, menarik motor trail yang mogok di medan off road juga bukanlah hal yang mudah dilakukan. Nggak bisa disamakan dengan menarik motor di jalan aspal yang mulus dan nggak bisa sembarangan. Salah sedikit saja bisa membuat motor yang ditarik jatuh bergelimpangan hingga terseret. Buat rider yang menarik pun bukan tanpa risiko bro. Bukan rahasia lagi kalau motor trail yang kerap dipakai off road itu punya torsi yang besar. Ditambah dengan beban berat di belakang (motor yang ditarik), membuat ban depan motor penarik seringkali ngangkat (wheelie) terutama saat bertemu dengan jalanan yang terjal dan menanjak. Kalau nggak bisa ngatur ritme ya sangat memungkinkan tumbang juga. So, keduanya punya risiko yang sama-sama nggak enak.

Nah, beruntung sekali channel YouTube “CROSS TRAINING ENDURO SKILLS” memberikan video tutorial mengenai cara menarik motor trail yang sedang mogok di jalur off road. Mulai dari persiapan membawa tali, cara memilih lokasi dan memasangkan tali pada motor, cara mengambil jalur buat motor penarik, dan lain-lain. Semuanya disajikan dalam video singkat berdurasi 3 menit 31 detik. Monggo ditonton videonya bro! Mungkin suatu saat tutorial ini bisa berguna buat bro sekalian yang motornya trouble di medan off road.


Advertisements