Mesin CBR250RR Dijamin Asyik Kalau Dipasang Pada CB250X!



Beberapa waktu yang lalu Adventuriderz.com mendapatkan kesempatan dari PT Mitra Pinasthika Mulia (main dealer Honda di Jawa Timur & NTT) dan PT Ekajaya Karunia Abadi (Honda Wing Dealer di Surabaya) untuk test ride Honda CBR250RR selama beberapa hari. Dari test ride itu, Adventuriderz.com cukup impressed dengan performa CBR250RR. Mesinnya benar-benar powerful dan 3-step riding mode yang dibenamkan pada motor itu benar-benar berguna. Awalnya Adventuriderz.com agak skeptis, apakah riding mode pada motor 250 cc itu bakal berguna. Soalnya power motor 250 cc milik Honda ini nggak sampai 40 HP. Tapi rasa skeptis itu langsung hilang total karena Adventuriderz.com bisa benar-benar menikmati bagaimana menggunakan 3-step riding mode pada CBR250RR. Masing-masing punya perbedaan yang sangat terasa.

Soal desain dan penampilan sih nggak bisa dipungkiri CBR250RR cakep banget. Cuma ya itu tadi, sosok motor sport full fairing dengan riding position super nunduk berkat stang under yoke memang kurang cocok buat karakter Adventuriderz.com yang lebih demen motor dengan riding position rileks. Bukan berarti riding position CBR250RR buruk… Nggak sama sekali… Itu cuma masalah preferensi saja. Buat yang demen kebut-kebutan di sirkuit pasti suka dengan riding position CBR250RR yang sangat racy itu. Udah pas banget dan nggak perlu banyak ubahan. Langsung siap digeber di sirkuit!



Terus gimana solusinya? Setelah mencicipi CBR250RR, Adventuriderz.com menilai kalau mesin motor ini sangat layak dicangkokkan pada motor adventure-tourer. Ya sebut saja sosoknya sebagai CB250X! Honda udah punya motor adventure-tourer CB500X dengan mesin dua silinder yang penjualannya juga sangat moncer. Sehingga kalau Honda mau mengembangkan CB250X dengan mesin dua silinder ya pas banget… Klop buat jadi duet maut kakak-adik di segmen adventure-tourer. CB250X bisa menjadi solusi buat para rider yang demen motor adventure-tourer tapi nggak cukup dana untuk beli CB500X. Riding position super nyaman buat jalan jauh sekalipun dan dibekali dengan mesin powerful dengan fitur lengka. Lebih menarik lagi, CB250X bisa menjadi lawan yang sangat sepadan bagi Kawasaki Versys-X 250 karena sama-sama menggunakan mesin dua silinder.

Hmmm… Rasanya nggak sulit bagi Honda mengembangkan CB250X menggunakan mesin CBR250RR. Malah mungkin rencana itu udah ada di dalam road map Honda. Cuma kita nggak tahu kapan hal ini bisa terealisasi. Meskipun kalau diperkirakan kemunculan CB250X kemungkinan masih butuh waktu yang agak lama. Bisa dalam waktu 2-3 tahun ke depan, atau malah lebih lama lagi. So, ada yang nggak setuju kalau Honda mengembangkan motor adventure-tourer 250 cc dua silinder?

Advertisements