First Sight Impression Viar Cross X 70 MT – Trail Mungil Buat Anak-Anak


Well… Bukan rahasia lagi kalau Viar Motor Indonesia punya varian motor trail yang sangat lengkap. Mulai dari motor trail untuk dewasa, remaja, hingga anak-anak disediakan semuanya oleh Viar. Kebetulan beberapa hari yang lalu Adventuriderz.com mendapatkan undangan dari salah satu dealer resmi Viar di Jawa Timur, SR Motor, untuk menghadiri event Viar SR Motor – Adira Customer Gathering. Asyiknya, dalam event itu SR Motor memajang berbagai lineup motor trail, baik itu hanya sekedar display maupun yang bisa dipakai test ride. Nah, salah satu motor trail yang cukup menarik perhatian Adventuriderz.com adalah Cross X 70 MT (Mini Trail). Seperti apa sosoknya?

Kenapa kok Adventuriderz.com melirik Cross X 70 MT untuk diulas? Soalnya ini adalah pertama kalinya melihat motor trail dengan kapasitas paling mungil dari Viar tersebut. Tapi tentu saja Adventuriderz.com nggak akan melakukan test ride Cross X 70 MT. Alasannya pasti bro semua juga tahu, Cross X 70 MT adalah motor trail mini yang didesain khusus buat anak-anak, bukan buat orang dewasa. Malah ini motor cocoknya buat anak umur 5 tahunan lah. Nggak kebayang kalau motor semungil ini ditunggangi oleh rider setinggi 178 cm. Ngeriiii broooh!! Jadi cuma mau mengulas penampilan motor ini secara fisik saja.

Kalau diperhatikan, desain Cross X 70 MT nggak bisa dibilang ganteng. Malah bisa dibilang agak aneh. Seperti ada beberapa bagian yang terlihat kurang proporsional. Bagi desainer, mungkin memang jauh lebih sulit merancang motor mungil dibandingkan dengan motor yang ukurannya normal. Tapi secara overall, Cross X 70 MT digarap cukup rapi oleh Viar. Coba saja perhatikan pada foto, mulai dari mesin, frame, suspensi, bodywork, dan lain-lain bisa dibilang sangat lumayan. Yang kurang kece sih bagian knalpot, yang lehernya cuma memanjang kayak pipa dengan cat putih pada pelindung knalpot yang sepertinya bakal cepat luntur. Lebih keren kalau diberi warna chrome ya…

Ngomongin soal spesifikasi, Cross X 70 MT mengandalkan mesin 70 cc yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 4,7 HP di putaran mesin 7.000 rpm dan torsinya mencapai 4,8 Nm di putaran mesin 5.000 rpm. Untuk memberikan kemudahan bagi anak-anak dalam pengoperasian motor, Cross X 70 MT sudah dibekali dengan electric starter. Nggak ada fitur yang cukup bisa dibanggakan pada Cross X 70 MT. Soalnya ini memang motor buat pemula banget, buat anak-anak umur 5-7 tahun. Suspensinya masih model teleskopik di bagian depan dan mono shock di bagian belakang, rem tromol depan-belakang, tanpa lampu-lampu, dan tanpa speedometer. Bener-benar motor basic yang dijual off the road, tanpa surat-surat, dan nggak bisa dipakai di jalan raya. Menariknya, Cross X 70 MT punya bobot yang sangat enteng, cuma 50 kg saja. Cocok banget nih buat memperkenalkan anak-anak dengan motor sebelum melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Tertarik? Motor ini bisa dipinang di dealer-dealer Viar dengan harga Rp 8 jutaan off the road!


Advertisements