• Home »
  • Article »
  • Ajak Blogger Gathering, Suzuki Bilang Ingin Bangkit dari Keterpurukan!

Ajak Blogger Gathering, Suzuki Bilang Ingin Bangkit dari Keterpurukan!


Minggu lalu, tepatnya hari Rabu (23/2/2017) malam, Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengundang komunitas blogger otomotif di Jawa Timur (Jatimotoblog), termasuk salah satunya Adventuriderz.com, untuk gathering di sebuah resto di Malang. Dalam kesempatan itu Suzuki menyebut kalau pihaknya serius ingin bangkit dari keterpurukan, ingin kembali menjadi salah satu pabrikan motor yang diperhitungkan di tanah air, dan ingin kembali mendapatkan market share yang bagus setelah selama beberapa tahun terakhir nggak bisa berbuat banyak.

Keseriusan Suzuki itu bisa dilihat dari tim yang didatangkan untuk menemui blogger. Ada Section 2W Head of Sales Area Jawa Timur & Indonesia Timur SIS Pak Aceng Ulumudin, Product Planning 2W Section Head SIS Pak Audi Tarantini, Team Media Blogger Community (MBC) Mas Arfandi Nasrullah dan Mas Zulfikar Rafi Al Ghani, Sales Area 2W Jawa Timur Pak Deddy Priambada dan Pak Feringga Ardana, serta General Manager PT Sejahtera Motor Gemilang (main dealer Suzuki di Jawa Timur) Pak Bayu Eko Yuwono. Sayangnya Presiden Direktur Suzuki Indomobil Sales Mr. Seiji Itayama nggak bisa hadir karena sedang sangat sibuk.

Memang dalam acara gathering itu nggak banyak pembicaraan yang cukup serius. Obrolan dilakukan dengan santai sembari menikmati hidangan makan malam. Pada dasarnya, dalam salah satu strategi kebangkitannya, pihak Suzuki ingin lebih mengenal blogger. Mereka bahkan membuat divisi khusus bernama Media Blogger Community (MBC) agar lebih mudah mengkomunikasikan program-programnya kepada media dan blogger. Kami dari kalangan blogger dan tim dari manajemen Suzuki lebih banyak ngobrol-ngobrol santai serta meminta masukan dan kritikan dari para blogger otomotif di Jawa Timur.

Jelas ini jadi langkah yang sangat patut diapresiasi bro… Suzuki sudah sangat membuka diri kepada kalangan blogger, mau menerima sumbangan saran, hingga kritikan agar ke depan menjadi pabrikan yang lebih baik dan mampu kembali berkompetisi dengan pabrikan-pabrikan asal Jepang lainnya. Asyiknya, pihak Suzuki terlihat cukup serius dalam menanggapi masukan dan kritikan dari blogger. Nggak cuma sekedar formalitas atau basa-basi meminta masukan dan kritikan.

Nah, sebagai tahap awal dalam proses kebangkitan, Suzuki sudah mempersiapkan dua produk baru, yaitu GSX-R150 (sport full fairing) dan GSX-S150 (naked sport). Malah dua produk baru itu sudah resmi diluncurkan di Jawa Timur pada Sabtu (25/2/2017) di Surabaya Plaza dengan dihadiri oleh Mr. Seiji Itayama. Selain GSX-R150 dan GSX-S150, rencananya ada delapan produk baru yang bakal diluncurkan sepanjang tahun 2017. Pak Audi Tarantini sendiri bilang kalau GSX-R150 dan GSX-S150 digunakan untuk membangun kembali brand image Suzuki. Jika kedua produk itu sukses di pasaran, maka penetrasi Suzuki dalam mengeluarkan produk baru lainnya bakal jadi lebih mudah.

“GSX-R150 dan GSX-S150 adalah awal sebagai pembuka jalan kebangkitan Suzuki. Jika motor ini sukses, maka Suzuki lebih mudah mengeluarkan produk-produk baru lainnya karena brand image sudah lebih kuat. Dengan adanya GSX-R150 dan GSX-S150 ini juga sudah mulai banyak investor yang mau membuka dealer Suzuki, sehingga diharapkan jaringan 3S jadi lebih banyak daripada sekarang,” kata Pak Audi.

Mungkin bro sekalian sekarang jadi bertanya-tanya, masih ada enam produk baru lagi yang bakal diluncurkan oleh Suzuki. Kira-kira apa ya? Apakah ada motor adventure dua silinder V-Strom 250 di dalam daftar? Apakah motor dual sport DR200S juga akan dirilis? Kayaknya lebih afdol kalau kita bahas di postingan berikutnya ya. Biar nggak kepanjangan!


Advertisements