Ini Kata Suzuki Indomobil Sales Tentang DR200S dan V-Strom 250



Yups… Rabu (22/2/2017) yang lalu Adventuriderz.com menghadiri undangan gathering blogger dari Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Javanine Resto, Malang, Jawa Timur. Dalam acara itu sebenarnya Suzuki cuma pengen ngajak ngobrol bareng, sharing, meminta masukan, hingga kritikan agar ke depan bisa menjadi pabrikan motor yang lebih baik lagi. Bukan apa-apa bro, pada tahun ini Suzuki memang bertekad bangkit dari keterpurukan dengan meluncurkan delapan produk baru. Dua produk baru yang sudah diluncurkan adalah GSX-R150 dan GSX-S150 sebagai ujung tombak kebangkitan. Jika dua motor itu bisa diterima pasar dengan baik, brand image Suzuki bisa kembali pulih, bukan nggak mungkin pabrikan dengan logo “S” ini bisa lebih mudah dalam meluncurkan enam produk baru lainnya.

Sebagai blogger yang lebih fokus mengulas motor trail dan adventure, Adventuriderz.com tentu saja sangat penasaran dengan hembusan-hembusan kabar mengenai motor trail DR200S dan motor adventure V-Strom 250 yang kabarnya bakal dijual oleh Suzuki di Indonesia. Sebelumnya Adventuriderz.com pernah menanyakan hal yang sama kepada General Manager PT Sejahtera Motor Gemilang (main dealer Suzuki di Jawa Timur) Pak Bayu Eko Yuwono. Tapi lebih afdol kalau mengenai DR200S dan V-Strom 250 ditanyakan langsung kepada Suzuki Indomobil Sales sebagai ATPM Suzuki di Indonesia. Terus gimana jawaban Suzuki?



Mengenai DR200S, sepertinya bro sekalian nggak perlu berharap banyak. Soalnya ketika Adventuriderz.com menanyakan mengenai DR200S, Product Planning 2W Section Head Suzuki Indomobil Sales Pak Audi Tarantini bilang bahwa motor ini belum ada dalam plan Suzuki setidaknya dalam waktu dekat. Untuk sementara DR200S cuma dijual kepada institusi kepolisian. Kendalanya adalah DR200S masih didatangkan secara utuh (CBU) dari Jepang. Selain itu, DR200S masih menggunakan standar emisi Euro 2, sedangkan Indonesia sudah menerapkan standar Euro 3.

“Untuk trail DR200S kayaknya masih belum ada rencana dalam waktu dekat. Kita masih jualnya ke Polri. Ini kan masih standar Euro 2, sementara Indonesia sudah menerapkan standar Euro 3. Jadi kalau mau dijual di Indonesia masih butuh pengembangan biar lolos Euro 3. DR200S ini cuma dijual di negara-negara yang nggak pakai standar seperti ini, termasuk Australia. Dia masih bisa dijual di Australia. Belum lagi rem belakangnya masih tromol, plus DR200S untuk Polri masih CBU Jepang. Tapi masih kita pelajari,” kata Pak Audi.

Kalau trail DR200S kemungkinannya lebih kecil, bagaimana dengan motor adventure V-Strom 250? Apalagi Kawasaki Motor Indonesia (KMI) udah mulai jualan Versys-X 250 dan Astra Honda Motor (AHM) baru saja merilis CRF250RALLY. Versys-X 250 dan CRF250RALLY sama-sama mengisi segmen motor adventure seperempat liter, meskipun keduanya nggak benar-benar bisa dibandingkan secara head-to-head. Sebenarnya lawan yang cukup pantas diadu dengan Versys-X 250 adalah V-Strom 250. Begitu Adventuriderz.com bertanya mengenai V-Strom 250, Pak Audi langsung tersenyum. Sayangnya Pak Audi juga nggak memberikan jawaban yang gamblang apakah V-Strom 250 masuk ke dalam daftar enam motor baru yang bakal diluncurkan oleh Suzuki pada tahun ini.

“Wah pertanyaannya tajem banget nih… Hahaha… V-Strom 250 masih kita pelajari, kita pertimbangkan. Tunggu aja tanggal mainnya,” ujarnya singkat sambil tersenyum.

Walaaah… DR200S sinyalnya kurang, tapi sepertinya V-Strom 250 lebih kuat nih broo… Saat gathering itu Adventuriderz.com bilang ke Suzuki untuk coba ikut terjun di segmen motor trail entry level. Nggak harus DR200S, bisa juga motor trail baru dengan kapasitas mesin 150 cc. Pertimbangannya, saat ini market motor trail entry level dikuasai oleh Kawasaki KLX150 dengan rata-rata penjualan 6.000-an unit per bulan. Misal Suzuki bisa ambil kuenya sebanyak 30 persen aja kan udah lumayan. Bisa buat tambah-tambah market share Suzuki yang sedang anjlok parah. Toh nggak ada yang meragukan mengenai performa mesin dan kualitas motor Suzuki. Jadi mengambil kue KLX150 sebanyak 30 persen rasanya nggak sulit.

“Kita tampung usulnya mas, nanti kita pertimbangkan. Tapi untuk sementara waktu kita fokus dulu ke GSX-R150 dan GSX-S150. Kalau dua ini sukses di pasaran, kita lebih gampang merilis produk-produk baru lainnya,” kata Mas Muhammad Arfandi Nasrullah dari Tim Media Blogger Community Suzuki Indomobil Sales.

Advertisements