Gas Gas Tidak Tertarik Kembangkan Motor Enduro 125 cc 2-Stroke

Setelah sempat vakum selama satu tahun, pabrikan motor asal Spanyol, Gas Gas, melakukan reborn dengan mengeluarkan lineup motor trial terbaru yang sudah sejak lama menjadi andalannya. Selain itu, Gas Gas juga ingin kembali eksis di segmen motor enduro dengan meluncurkan motor enduro 2-stroke, yaitu All New EC 250 dan EC 300. Banyak pihak yang berharap Gas Gas mau meluncurkan motor enduro 125 cc 2-stroke seperti yang sudah dilakukan oleh Sherco belum lama ini. Terus gimana tanggapan Gas Gas?

Sayangnya, Chief Research and Development (R&D) Gas Gas Miki Arpa seperti dilansir Enduro Illustrated mengindikasikan bahwa Gas Gas belum tertarik membangun motor enduro 125 cc 2-stroke. Alasannya, tim R&D Gas Gas masih sangat terbatas, dan untuk pengembangan motor baru membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sedangkan Gas Gas belum tentu bisa menjual motor enduro 125 cc 2-stroke dalam jumlah banyak. Apalagi target penjualan Gas Gas dengan motor enduro yang ada sekarang saja cuma 3.000 unit per tahun. Masih amat sangat sedikit. Sulit bagi pabrikan kecil mengembangkan banyak motor baru dengan sumber daya terbatas.

“Banyak sekali rencana di meja tentunya. Sherco punya motor yang bagus dan sekarang waktu yang tepat buat Sherco membuat motor itu (125 cc 2-stroke). Tapi kami hanya punya 10 orang di departemen R&D, sehingga kami juga perlu melihat besarnya pasar. Jika mereka (manajemen) bilang kami bisa menjual 1.500 unit 125 cc, kemudian aku akan bilang OK, mari kerjakan. Tetapi kalau mereka bilang hanya bisa menjual 300 unit, maka investasinya tidak sesuai,” ungkap Miki Arpa.

Miki Arpa menambahkan, Gas Gas yang sekarang bukanlah perusahaan yang sama dengan Gas Gas dahulu. Gas Gas sekarang dikuasai oleh Torrot Europe yang banyak berkonsentrasi memproduki sepeda dan motor listrik. Nah, kata Miki Arpa, bos mereka sekarang sangat menyukai baterai (motor listrik) sehingga dana pengembangan yang diberikan oleh Torrot kepada Gas Gas nggak begitu banyak. Dalam artian nggak sebanyak dana pengembangan untuk motor listrik.

“Big boss sangat menyukai baterai (motor listrik). Dia tahu untuk lima tahun ke depan bakal memberikan dana bagi pengembangan motor merah (Gas Gas) dan bukan motor putih-biru (Torrot), tapi mungkin dalam 10 tahun mendatang pengembangan bisa dilakukan secara beriringan. Mereka mau menginvestasikan uang, namun mereka ingin menginvestasikan lebih banyak uang pada motor bertenaga listrik. Kalau buatku, aku ingin motor listrik keluar dan mesin (konvensional) masuk untuk sekarang ini,” katanya.

So, untuk sementara waktu Gas Gas masih fokus dengan motor enduro EC 250 dan EC 250 dulu bro… Mereka belum tertarik mengembangkan motor enduro EC 125 layaknya Sherco yang mengeluarkan 125 SE-R. Tapi bukan nggak mungkin ke depan Gas Gas bakal berubah pikiran. Toh sampai sekarang motor enduro 125 cc itu juga masih eksis. KTM punya 125 XC-W, sedangkan Husqvarna memiliki TX 125. Itu belum termasuk rencana Yamaha yang katanya sedang mengembangkan YZ125X. Artinya, motor enduro 125 cc 2-stroke masih diminati dan belum benar-benar punah.

Advertisements