Honda CRF250RALLY di Indonesia Dipastikan Versi Non-ABS

Dulu waktu Astra Honda Motor (AHM) pertama kali meluncurkan Honda CRF250RALLY di Indonesia, banyak pembaca Adventuriderz.com yang bertanya-tanya, yang masuk ke Indonesia versi ABS atau non-ABS? Termsuk Bro Tito – pemilik CRF250RALLY pertama di Jawa Tengah – juga menanyakan mengenai hal ini. Maklum, saat world premiere launching di EICMA 2016 Honda mengatakan bahwa CRF250RALLY sudah dibekali dengan sistem ABS dual channel sebagai perangkat standar. Menariknya sistem ABS pada CRF250RALLY dilengkapi dengan switch yang memungkinkan pengguna mematikan sistem ABS pada roda belakang. Kenapa? Karena saat dipakai bermain off road, roda belakang yang mengunci (sliding) akibat pengereman kuat seringkali juga diperlukan. Oleh karena itu Honda membekalinya dengan switch untuk mengaktifkan dan mematikan sistem ABS pada roda belakang, sedangkan sistem ABS roda depan terus aktif.

Jujur saja, saat banyak pertanyaan apakah CRF250RALLY pakai sistem ABS atau tidak itu masuk ke newsroom, Adventuriderz.com nggak bisa menjawabnya karena nggak bisa melihat unitnya secara langsung. Melihat dari sejumlah foto yang diunggah oleh teman-teman blogger yang hadir dalam peluncuran di Jakarta sih sepertinya CRF250RALLY di Indonesia adalah versi non-ABS. Tapi rasanya kok nggak afdol kalau menjawab pertanyaan tanpa benar-benar bisa memastikan. Apalagi jika dipublikasikan di blog yang notabene bakal dibaca banyak orang. Iya nggak?

Nah, kemarin Adventuriderz.com sudah melihat secara langsung unit CRF250RALLY yang dipamerkan di Tunjungan Plaza 3 Lantai 5, Surabaya, oleh PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) selaku main dealer Honda di wilayah Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur. Hasilnya, bisa dipastikan CRF250RALLY di Indonesia merupakan versi non-ABS. Tidak terlihat sama sekali adanya sensor ABS di bagian rem, baik itu di rem depan maupun belakang. Switch untuk mengaktifkan dan mematikan sistem ABS di bagian dashboard juga nggak ada. So, confirmed 100 persen non-ABS!!

Berdasarkan website Honda Global, mereka memang menyediakan dua varian CRF250RALLY, yaitu varian ABS dan non-ABS. Jadi nggak salah juga kalau AHM cuma memasukkan versi non-ABS ke Indonesia karena pasti harganya bisa lebih murah. Terbukti AHM membandrol CRF250RALLY dengan harga sangat atraktif, cuma Rp 62,9 juta OTR Jakarta dan Rp 63,2 jutaan OTR Jawa Timur. Kalau ngomongin berguna atau nggak, pastinya fitur mahal seperti ABS berguna. Namun untuk motor adventure kayak CRF250RALLY yang mestinya punya habitat lebih banyak di medan off road, absennya fitur ABS ini pun nggak begitu jadi soal. Sudah gamblang kan bro sekarang?

Advertisements