Test Ride Sambil Belajar – ATV Viar Razor 250 SUT

Selain memiliki lineup motor trail yang lengkap, Viar Motor Indonesia juga punya deretan all terrain vehicle (ATV) yang lumayan banyak. Total ada empat varian ATV yang dimiliki oleh Viar, antara lain Razor 100 SP (sport), Razor 150 UT (utility), Razor 150 SP (sport), dan Razor 250 SUT (sport & utility). Walaupun udah cukup lama Viar punya deretan ATV, tapi Adventuriderz.com belum pernah nyobain satupun ATV dari Viar. Kalau trailnya sih udah banyak yang dicoba, mulai dari Cross X 150 SF, Cross X 200 GT, Cross X 200 ES, sampai Cross X 250 SE. Jelas ini bikin penasaran!!

Nah, beberapa waktu yang lalu Adventuriderz.com mendapatkan undangan dari Viar SR Motor dalam rangka Customer Gathering Viar – Adira. Kebetulan juga di lokasi ada unit test ride ATV Viar Razor 250 SUT, kasta tertinggi dari seluruh lineup ATV dari Viar. Nggak mau menyia-nyiakan kesempatan, Adventuriderz.com langsung mencicipi si Razor 250 SUT yang notabene masuk ke dalam kategori ATV multifungsi. Dari namanya “SUT”, mengindikasikan kalau ATV ini bisa digunakan sebagai ATV sport dan utility sekaligus. Maklum saja bro, dengan kapasitas mesin 250 cc, performa Razor 250 SUT cukuplah untuk sport, misalnya bermain off road. Di sisi lain, Razor 250 SUT dipasangi rak di depan dan belakang sehingga bisa dipakai sebagai kendaraan angkutan. Benar-benar multifungsi.

Secara fisik, Razor 250 SUT merupakan ATV yang berukuran lumayan besar dan gagah dengan warna eye catching, kombinasi antara body putih dan frame orange. Bannya kalau boleh dibilang menggunakan model dual purpose dengan ukuran gambot. Begitu naik, jok Razor 250 SUT terasa nyaman dan empuk. Riding position-nya juga enak dengan stang tinggi. Terus gimana dengan cara pengoperasiannya? Gimana performanya? Ganas atau nggak? Suspensinya nyaman nggak? Dan mungkin masih banyak lagi pertanyaan terkait dengan Razor 250 SUT.

Jujur saja, Adventuriderz.com bukanlah orang yang ahli nunggang ATV. Apalagi ATV dengan transmisi manual berkapasitas 250 cc. Malah baru tahap belajar. Sebelumnya memang pernah mencoba ATV 250 cc merek sebelah, tapi ya nggak bisa dibilang lancar. Jadi ini adalah kedua kalinya nunggang ATV 250 cc tarnsmisi manual. Menariknya, cara pengoperasian Razor 250 SUT nggak terlalu ribet. Di handle sebelah kiri adalah kopling, di handle kanan ada rem depan dan gas yang berwujud tuas. Agak aneh memang mengoperasikan gas melalui tuas yang ditarik dengan jempol, bukan model diputar layaknya gas motor. Tapi kayaknya ini lumrah di sebagian besar ATV. Mau nggak mau butuh pembiasaan. Di bagian kaki kiri ada tuas transmisi, sementara di kaki kanan ada rem belakang.

Sistem transmisi Razor 250 SUT adalah manual 4-percepatan dengan konfigurasi (R-N-1-2-3-4). Dari kondisi netral, kalau mau mengoperasikan gigi 1, 2, 3, dan 4 (maju) tinggal menekan tuas transmisi ke depan. Untuk mengurangi gigi tinggal tekan tuas ke belakang. Mirip seperti pengoperasian transmisi motor bebek konvensional. Gimana kalau mau mundur? Untuk mundur, transmisi mesti dalam kondisi netral dulu, baru tuasnya ditekan ke belakang sehingga ATV bisa mundur. Nggak terlalu sulit sih bro. Cuma masalah biasa atau nggak.

Untuk test ride Razor 250 SUT ini memang nggak benar-benar di habitatnya. Cuma muter-muter kompleks di sekitar showroom Viar SR Motor Magersari, Sidoarjo. Tahap awal penyesuaian dulu, mengenal bagaimana karakter dan cara pengoperasian ATV ini. Setelah mulai memahami, baru berani coba buka gas. Ternyata torsi Razor 250 SUT juga ngejambak banget… Nggak kalah dengan motor trailnya. Nggak heran sih… Menurut klaim Viar, Razor 250 SUT punya torsi sebesar 18 Nm di putaran mesin 5.500 rpm dan power maksimalnya sebesar 16,1 HP di putaran mesin 7.500 rpm. Sempat mencoba menarik dalam-dalam gas sebelum melewati polisi tidur. Ternyata Razor 250 SUT bisa terbang juga. Kayaknya punya potensi terpendam yang bagus juga. Nggak tahu gimana rasanya kalau dipakai di medan off road ya? Mungkin bakal lebih asyik!

Sayangnya lokasi pengetesan nggak mungkinkan untuk menggali seluruh kemampuan Razor 250 SUT. Kalau kebut-kebutan bisa kena omelan atau malah lemparan batu dari warga perumahan. Ditambah lagi rider-nya masih dalam proses belajar, masih super duper amatir dalam nunggang ATV. Dengan skill minimalis dan lokasi datar-datar saja, jangan berharap pengetesan bisa maksimal. Wkwkwkwk… Mungkin di lain waktu Viar bisa ngadain gathering atau camping bareng blogger sambil test ride ATV dan motor trail di medan off road nih… Kan seru banget tuh. Iya nggak? Hehehe… Oh ya, Razor 250 SUT bisa didapatkan di dealer-dealer resmi Viar dengan harga Rp 27 jutaan off the road. Jangan tanya bisa dibeli lengkap dengan surat-surat (on the road) nggak? Pasti nggak bisa! Semoga berguna ya bro…


Advertisements