Track Berlumpur, Babak Kualifikasi MXGP Pangkal Pinang Dibatalkan!

MXGP Pangkal Pinang yang dimulai pada hari ini, Sabtu (4/3/2017) memang penuh drama. Hujan deras yang mengguyur Pangkal Pinang sejak beberapa hari terakhir membuat track menjadi berlumpur. Awalnya, sesi free practice diberikan kepada para pembalap yang berlaga di kelas MX2 dan MXGP agar mereka bisa lebih mengenal track yang bakal dipakai untuk balapan. Namun setelah free practice selesai, sesi yang sebenarnya memasuki babak kualifikasi MX2 dan MXGP terpaksa dibatalkan!

Race director terpaksa membatalkan sesi kualifikasi MX2 dan MXGP karena takut track yang sudah berlumpur itu semakin hancur dan membuat kacau race MX2 dan MXGP keesokan harinya jika babak kualifikasi tetap diadakan. Terus gimana cara penentuan posisi start untuk race MX2 dan MXGP yang berlangsung besok? Yang dipakai untuk penentuan posisi start adalah hasil free practice yang sudah dicatatkan oleh para pembalap pada hari ini. Besok udah nggak ada lagi babap kualifikasi karena langsung mulai race.

“Dengan kondisi saat ini sangat sulit. Seperti yang Anda tahu, dengan kondisi hujan (beberapa hari terakhir). Cuaca hari ini nggak banyak hujan, semoga bisa bertahan hingga balapan besok. Kondisi motor akan bisa menaklukkan kondisi sirkuit besok. Balapan akan terus berjalan. Semua sesi hari ini sudah selesai untuk menyelamatkan sirkuit, untuk menjaga kondisi sirkuit agar tetap bagus, dan agar sirkuit ada pada kondisi yang terbaik saat balapan. Karena besok lebih penting daripada hari ini,” ungkap General Manager Honda Racing Team Roger Harvey.

Tidak adanya sesi kualifikasi pada hari ini membuat pembalap dari tim Wilwo Yamaha, Shaun Simpson, bakal start terdepan karena dia menjadi yang tercepat di sesi free practice, diikuti oleh Jeffrey Herlings (KTM Factory), Romain Febvre (Yamaha Factory), Antonio Cairoli (Yamaha Factory), serta Kevin Strijbos dan Arminas Jasikonis yang nunggang motor Suzuki. Sementara itu, sesi WMX Race 1 yang berlangsung pada hari ini tetap berjalan seperti biasa. Semoga saja besok cuaca di Pangkal Pinang tetap bagus sehingga race MX2 dan MXGP bisa berjalan lancar!

Advertisements