AHM Manfaatkan Betul MXGP Pangkal Pinang untuk Promosi Produk!



Astra Honda Motor (AHM) sepertinya benar-benar memanfaatkan gelaran kompetisi MXGP Pangkal Pinang 2017 yang berlangsung pada 4-5 Maret 2017. Bukan apa-apa bro, AHM soalnya sekarang udah punya beberapa motor adventure. Sebut saja CB500X, CRF250RALLY, dan CRF1000L Africa Twin. Motor-motor itu memang nggak ada kaitannya dengan ajang motocross karena secara genre berbeda. AHM nggak memasarkan motor bertipe motocross seperti CRF250R dan CRF450R. Tapi paling nggak ajang balap motocross, apalagi ini MXGP yang notabene ajang kelas dunia, bisa memperkuat brand image Honda di segmen motor adventure. Toh secara bentuk mirip-mirip antara motocross dan adventure, terutama pada CRF250RALLY.

All out-nya AHM di ajang MXGP untuk mempromosikan produknya itu bisa dilihat dari adanya booth khusus Honda. Dua motor dipajang dalam booth itu, antara lain CB500X dan CRF250RALLY. Kemudian AHM juga memanfaatkan MXGP Pangkal Pinang untuk meluncurkan motor adventure CB500X model year 2017 yang secara umum cuma berganti striping dan model knalpot. Apa cuma itu saja? Ternyata nggak kok bro… AHM mengajak para pembalap MX2 dan MXGP yang tergabung ke dalam Tim Honda Racing Corporation (HRC) seperti Tim Gajser dan Evgeny Bobryshev meramaikan booth Honda, terlibat dalam acara launching CB500X model year 2017, sekaligus melakukan jumpa fans. Selain itu, akun Instagram resmi AHM @welovehonda_id terus memberikan update mengenai kabar terkini MXGP Pangkal Pinang, khususnya terkait dengan Tim HRC. Langkah yang dilakukan oleh AHM di ajang MXGP Pangkal Pinang jelas sangat bagus untuk membangun brand image Honda di segmen motor adventure, meskipun di sisi lain AHM nggak punya motor bergenre motocross seperti yang diperlombakan.



Di luar Honda, pabrikan lain yang cukup aktif memanfaatkan MXGP Pangkal Pinang sebagai ajang promosi adalah Kawasaki. Soalnya Kawasaki punya tim balap MXGP yang tangguh. Mungkin pola promosi Kawasaki boleh dibilang nggak seheboh Honda. Wajar sih karena Kawasaki Motor Indonesia (KMI) pun nggak turun tangan sendiri, melainkan diwakilkan kepada salah satu dealer di Sumatera, Kawasaki Greentech. Di sana Geng Ijo memiliki sebuah booth untuk mempromosikan lineup motor trail dual sport, off road, dan motocross, antara lain KLX250S, KLX140G, KLX450R, KX250F, dan KX450F. Malah Kawasaki Greentech juga punya pembalap bernama Farhan Hendro yang ikut terjun dalam ajang balap. Jadi klop banget deh antara produk yang dipromosikan dengan ajang balap MXGP. Menariknya, akun Instagram @kawasakigreentechriau juga aktif dalam memberikan update kabar terbaru dari Pangkal Pinang!

Bagaimana dengan pabrikan-pabrikan lainnya? Bos KTM dan Husqvarna Indonesia mungkin jadi salah satu orang Indonesia yang cukup sibuk dalam mempersiapkan ajang balap MXGP Pangkal Pinang. KTM dan Husqvarna juga punya tim factory dan pembalap yang sangat diperhitungkan dalam ajang MXGP. Pembalap KTM Antonio Cairoli adalah salah satunya. Namun sepertinya KTM dan Husqvarna Indonesia nggak begitu masif dalam melakukan aktivitas promosi. Mungkin KTM dan Husqvarna Indonesia sudah cukup pede kalau brand image mereka di segmen motor off road dan motocross sangat kuat, sehingga nggak perlu melakukan promosi besar-besaran. Faktanya memang banyak orang Indonesia yang gila dengan produk KTM dan Husqvarna. Harga mahal pun nggak masalah buat mereka.

Kemudian kita beralih ke Yamaha. Pabrikan biru punya produk motor yang nyambung dengan MXGP. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) punya motor trail dual sport WR250R, sedangkan penjualan motor off road dan motocross Yamaha di Indonesia secara resmi diserahkan kepada Yamaha CBU Off Road Indonesia (PT El Rhino Global). Yamaha juga punya tim factory dan pembalap bagus di MXGP. Sebut saja nama Romain Febvre, pasti banyak yang kenal dengan juara dunia MXGP 2015 itu. Tapi nggak ada aktivitas dari Yamaha di MXGP Pangkal Pinang yang bisa mendongkrak brand image mereka di segmen motor trail, off road, dan motocross. Cuma ada beberapa pentolan YIMM dan Yamaha CBU Off Road Indonesia yang hadir di sana untuk memberikan dukungan kepada tim Yamaha. Terus gimana dengan Suzuki? Ya kurang lebih sama dengan yang lain, nggak melakukan apa-apa. Hehehehe…

Advertisements