Marc Marquez Geber Skuter Petualang Honda X-ADV di Lintasan Salju



Untuk kedua kalinya sepanjang tahun 2017, pembalap Repsol Honda MotoGP Marc Marquez bermain-main di lintasan salju menggunakan motor. Kalau sebelumnya dia menggeber motor RC213V, belum lama ini dia bermain di lintasan salju menggunakan motor skuter petualang X-ADV yang belum lama ini diluncurkan secara resmi oleh Honda di Eropa. Lokasi yang dipilih saat itu adalah Pegunungan Hahnenkamm di Kitzbuehel, Austria. Terus bagaimana tanggapan Marquez mengenai skuter petualang Honda X-ADV ketika digeber di lintasan salju??

Mungkin bro sekalian udah banyak yang tahu, X-ADV merupakan skuter yang bergaya adventure. Nggak heran kalau garis desainnya ada kemiripan dengan CRF1000L Africa Twin. Kemudian motor ini memiliki ground clearance yang lebih tinggi ketimbang skuter kebanyakan, menggunakan velg jari-jari, dan ban dual purpose meskipun dengan kembangan yang halus. Menariknya, X-ADV menggunakan mesin yang sama dengan NC750, di mana mesin ini dilengkapi dengan fitur Honda Dual Clutch Transmission (HDCT). Artinya, mesin X-ADV sebenarnya nggak berbeda dengan mesin konvensional yang mengandalkan transmisi 6-percepatan. Namun berkat adanya HDCT, perpindahan gigi bisa dilakukan secara otomatis. Untuk lebih memahami mengenai HDCT, bro bisa membacanya di artikel berjudul “Kenalan dengan Dual Clutch Transmission Honda Africa Twin“. Soalnya sistem HDCT pada X-ADV dipastikan sama persis dengan Africa Twin walaupun menggunakan kapasitas mesin berbeda.



“Pertama, aku sangat suka dengan X-ADV karena ini merupakan skuter yang benar-benar berbeda. Ini benar-benar SUV (sport utility vehicle) dan aku sangat menikmati riding di lintasan bersalju dengan ban berduri dan semuanya, ini menjadi pengalaman menarik,” ungkap Marquez.

Nah, Honda Eropa sudah berani mengeluarkan skuter yang nggak biasa, nggak pasaran, dan dilengkapi dengan fitur unggulan. Sekarang tinggal tunggu aja deh, apakah Astra Honda Motor (AHM) bakal memasukkan X-ADV ke Indonesia atau nggak? Kalau masuk ke Indonesia jelas bagus karena mesin X-ADV memiliki kesamaan dengan NM4 Vultus yang udah dijual lebih dulu di sini. Tapi bakal lebih menarik kalau AHM mau membangun skuter adventure berkapasitas kecil menggunakan basis mesin Vario atau BeAT. Misal boleh berangan-angan, skuter adventure entry level bermesin Vario 150 sepertinya oke juga!

Advertisements