• Home »
  • Article »
  • Shaun Simpson Juarai MXGP Race 1 di Pangkal Pinang, Race 2 Dibatalkan!

Shaun Simpson Juarai MXGP Race 1 di Pangkal Pinang, Race 2 Dibatalkan!

Yups… Hari ini, Minggu (5/3/2017), merupakan hari yang amat sangat penting dalam gelaran MXGP Pangkal Pinang 2017. Kenapa? Soalnya ada tiga kelas yang diperlombakan pada hari ini, yaitu WMX Race 1, MX2 Race 1 & 2, dan kelas pamungkas MXGP Race 1 & 2. Lagi-lagi terdapat banyak sekali drama dalam perlombaan. Penyebabnya apa lagi kalau bukan kondisi track yang jauh dari kata layak untuk gelaran motocross kelas dunia. Track sangat basah, becek, dan berlumpur, membuat banyak pembalap terjebak di kubangan lumpur, mesin motor meleduk, hingga berguling-guling di track. Terus gimana hasilnya?

Oke… Kita bahas mengenai kelas pamungkas MXGP dulu ya… Hari ini mestinya MXGP Pangkal Pinang memperlombakan kelas MXGP Race 1 dan MXGP Race 2 sekaligus. Tapi sayangnya yang sukses dilaksanakan cuma MXGP Race 1, sedangkan MXGP Race 2 terpaksa dibatalkan. Race director menilai kondisi track yang sangat berlumpur tidak memungkinkan untuk menggelar balapan MXGP Race 2, sehingga race ditiadakan. Pada kelas MXGP Race 1, pembalap dari Tim Wilvo Yamaha, Shaun Simpson, berhasil melahap 15 lap dengan catatan waktu 36 menit 6,12 detik. Posisi kedua diisi oleh pembalap Red Bull KTM Factory Racing Glenn Coldenhoff yang hanya lebih lambat 7,725 detik dari Shaun Simpson. Kemudian di podium ketiga dilengkapi oleh pembalap Monster Energy Kawasaki Racing Team Clement Desalle.

Bagaimana dengan pembalap-pembalap beken lainnya? Hari ini memang penuh drama bro… Pembalap-pembalap beken banyak yang gagal merangsek ke podium maupun zona atas. Pembalap KTM Antonio Cairoli misalnya hanya beada di urutan keempat, pembalap andalan Honda Racing Corporation (HRC) Tim Gajser di urutan ketujuh, pembalap KTM Jeffrey Herlings di urutan ke-17, dan pembalap unggulan Yamaha Factory Racing Romain Febvre hanya mampu menempati urutan ke-18. Memang bukan hasil yang maksimal buat semua pembalap karena kondisi track yang kurang bagus. Tapi mau bilang apa lagi? Kondisi track memang hancur dan sulit diperbaiki. Semua harus menerima kondisi yang ada. Mulai dari hasil dari race pertama sampai dengan pembatalan race kedua. Semoga saja tahun depan gelaran MXGP Pangkal Pinang bisa lebih baik lagi, dengan asumsi kontrak penyelenggaraan dilanjutkan.

Advertisements