Indent Sampai Over Quota, Indikasi CRF250RALLY Bakal Booming??

Bro sekalian… Dikutip dari Otomotifnet.com menyebutkan bahwa Astra Motor Jakarta (AHASS 0001 Dewi Sartika) yang menjadi salah satu main dealer Honda di Jakarta mengalami over quota indent Honda CRF250RALLY. Kabarnya pada batch pertama AHASS 0001 cuma mendapatkan jatah 40 unit CRF250RALLY, namun faktanya indent sudah mencapai 80 unit. Artinya, ada kelebihan indent sekitar 40 unit yang membuat konsumen menunggu lebih lama hingga produk dikirimkan, sedangkan 40 pengindent awal sudah menikmati unit motornya lantaran proses delivery sudah mulai dilakukan. Itu dari Astra Motor Jakarta ya… Bagaimana dengan main dealer lainnya?

Wahana Makmur Sejati yang menjadi main dealer Honda di wilayah Jakarta dan Tangerang rupanya juga mengalami hal serupa. Seperti dilansir Dapurpacu.com, saat ini total pesanan CRF250RALLY yang masuk ke Wahana Makmur Sejati mencapai 30 unit, sementara jumlah motor yang sudah dikirimkan kepada pemesan baru sekitar 6 unit. Masih ada defisit pengiriman sekitar 24 unit. Rata-rata konsumen yang memesan CRF250RALLY di Wahana Makmur Sejati berasal dari Jakarta. Kurang lebih sama lah dengan di Astra Motor Jakarta, konsumen dari Jakarta masih sangat mendominasi.

Kalau kita kalkulasikan, pesanan CRF250RALLY dari dua main dealer Honda di Jakarta saja sudah tembus 110 unit, dengan rincian Astra Motor Jakarta 80 unit dan Wahana Makmur Sejati 30 unit. Itu belum termasuk pesanan yang dibukukan oleh main dealer Honda di Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, hingga Papua. Pastinya jumlahnya sangat banyak. Bisa tembus 150 unit atau malah 200 unit. Apakah ini bisa menjadi indikasi awal kalau CRF250RALLY bakal booming di Tanah Air? Bisa saja ini masih dalam fase spike karena CRF250RALLY adalah motor baru dan genre baru di kelas seperempat liter yang masuk ke Indonesia. Namun bisa juga menjadi indikasi CRF250RALLY bakal benar-benar booming di Tanah Air. Selama ini banyak konsumen yang sudah haus akan motor petulang tangguh on road dan off road dengan harga terjangkau, dan CRF250RALLY merupakan jawabannya.

Sayangnya, Astra Honda Motor (AHM) selaku ATPM seperti kurang pede dalam memasukkan CRF250RALLY. Dalam TPT impor, AHM berencana memasukkan sekitar 2.500 unit CRF250RALLY. Tentunya proses impor dilakukan secara bertahap. Nggak langsung 2.500 unit. Kalau itu diproyeksikan sebagai penjualan dalam setahun, maka rata-rata per bulan mestinya didistribusikan sebanyak 200-210 unit. Namun faktanya AHM mengambil langkah yang lebih konservatif… Saat peluncuran CRF250RALLY awal Februari 2017 lalu, AHM bilang cuma menargetkan motor ini terjual 70 unit per bulan. Dengan jaringan Honda Wing Dealer yang sangat luas, bahkan jumlahnya mencapai sekitar 145 outlet, angka 70 unit per bulan itu sangat sedikit. Terbukti impor batch pertama sebanyak 70 unit langsung ludes habis, malah kurang-kurang, yang bikin indent mengular. Kabar buruknya, CRF250RALLY masih diimpor utuh dari Thailand. Proses shipping jelas perlu waktu yang nggak instant. Untuk batch berikutnya, AHM mesti lebih berani memasukkan CRF250RALLY dalam jumlah banyak biar nggak ada lagi indent mengular!

Advertisements