Mau Off Road Pakai Motor Trail? Minimal Pakai Tiga Riding Gear Ini!!

Olahraga ekstrem off road dengan motor trail belakangan memang sedang sangat marak. Itu bisa dilihat dari penjualan motor trail yang terus mengalami peningkatan, baik itu dari kalangan brand lokal, Jepang, maupun Eropa. Semuanya laris-manis bak kacang goreng! Apalagi acara adventure di sebuah stasiun televisi kerap menampilkan adegan off road adventure menggunakan motor trail. Itu jelas sangat mempengaruhi ketenaran olahraga ekstrem  yang satu ini.

Nah, yang namanya olahraga ekstrem, tentu saja memiliki tingkat risiko yang sangat tinggi. Makanya nggak heran jika bro sekalian ingin ikut-ikutan bermain off road adventure menggunakan motor trail perlu melengkapi diri dengan perangkat keselamatan alias riding gear yang memadai. Paling nggak kalau terjadi incident maupun accident, sejumlah bagian tubuh yang vital sudah terlindungi dengan baik. Namun nggak semua orang mampu membeli riding gear yang lengkap lantaran harganya memang nggak murah. Yups, aktivitas off road dengan motor trail itu selain olahraga ekstrem juga olahraga mahal. Motornya mahal, biaya oprek motor mahal, biaya perawatan motor mahal, belum lagi biaya beli riding gear nggak kalah mahal. Menurut Adventuriderz.com ada tiga perangkat yang minimal dipakai ketika melakukan aktivitas off road adventure menggunakan motor trail. Apa sajakah itu?

  • Helm
  • Gloves
  • Enduro boots

Minimal tiga item itu deh… Helm jelas sangat berfungsi melindungi kepala jika terjadi kecelakaan atau benturan. Kewajiban pakai helm sangat mutlak, nggak bisa ditawar-tawar, baik itu ketika melakukan aktivitas off road adventure maupun aktivitas lain menggunakan motor. Kemudian gloves sangat melindungi tangan dari vibrasi yang sangat kuat ketika bermain off road. Maklum, main off road itu jalannya nggak ada yang rata. Bahkan sudah menggunakan gloves pun tetap bisa membuat telapak tangan lecet-lecet. Apalagi kalau dibiarkan tanpa gloves? Perih bro!! Selain itu, gloves juga membantu melindungi tangan ketika rider terjatuh. Terakhir enduro boots… Ini juga sangat mutlak diperlukan karena berfungsi melindungi kaki hingga tulang kering dari hantaman batu, kerikil, maupun akar pohon. Sangat berisiko bermain off road tanpa enduro boots yang memadai!

Kalau punya budget lebih, sebaiknya memang pakai riding gear yang lebih lengkap seperti goggles untuk dipadukan dengan helm off road, neck brace, body protector, jersey plus riding pants, knee protector, dan elbow protector. Ditotal-total sih memang perlu keluar duit lumayan banyak. Apalagi kalau ngambil piranti-piranti tersebut dari brand ternama. Bisa-bisa total biayanya cukup buat beli motor trail entry level. Tapi kalau budget terbatas bisa pilih piranti buatan lokal atau brand yang kurang ternama karena harganya pasti lebih murah. Gimana bro, siap off road berarti siap keluar duit banyak… Hehehe…

Advertisements