• Home »
  • Review »
  • Review Riding Jacket Respiro Panama R3.4 – Nyaman Buat Touring!!

Review Riding Jacket Respiro Panama R3.4 – Nyaman Buat Touring!!



Bro sekalian… Adventuriderz.com kali ini bakal mereview jaket Respiro Panama R3.4 dengan warna grey. Kebetulan jaket ini nggak beli. Tapi complimentary dari PT Surapita Unitrans (main dealer Kawasaki di Jawa Timur, NTT, dan Ambon) saat mengikuti event touring Kawasaki Versys-X 250 dengan rute Surabaya-Bromo-Kintamani-Kuta selama dua hari bertajuk Xventure Ride pada 24-25 Februari 2017 lalu. Respiro Panama adalah jaket Respiro keempat yang dimiliki oleh Adventuriderz.com setelah Respiro Alpha, Respiro Nusataride, dan Respiro Journey. Terus gimana impresi menggunakan Respiro Panama R3.4??

Dalam dua hari touring Xventure Ride, Adventuriderz.com cuma menggunakan Respiro Panama selama satu hari, yaitu pada hari kedua dengan perjalanan dari Banyuwangi menuju Singaraja, Kintamani, dan finish di Kuta (Bali). Sedangkan pada hari pertama memilih pakai Respiro Journey yang memang gayanya touring banget. Tapi paling nggak dalam satu hari pemakaian menempuh jarak sekitar 300 km itu sudah bisa merasakan bagaimana impresi mengenakan jaket ini.

Kalau ngomongin desain, Respiro Panama tergolong biasa banget, casual, nggak aneh-aneh, dan nggak kebanyakan kantong. Modelnya lebih cocok sebagai jaket harian maupun rider penyemplak street bike. Dia memiliki dua kantong yang berada di bagian luar bawah. Kemudian di bagian dada juga ada kantong, tapi nggak gede. Malah kantong atas ini lebih banyak berfungsi sebagai ruang sirkulasi udara. Sayangnya di bagian dalam jaket nggak ada kantong lagi. Jadi kantongnya cuma ada empat yang semuanya ada di bagian luar dengan dua di antaranya benar-benar berfungsi sebagai kantong, sedangkan dua kantong lagi lebih berfungsi sebagai sirkulasi udara. Lalu ada lagi ruang sirkulasi udara yang berada di samping kanan dan kiri.

Merujuk dari website resmi Respiro, jaket Respiro Panama terbuat dari bahan dasar dasar polyester dengan PU membrane sebagai coating, sementara lapisan paling dalam yang bersentuhan langsung dengan tubuh menggunakan bahan micro fleece dan mesh (jaring-jaring) yang terasa lembut. Oh ya, Respiro Alpha, Respiro Nusantaride, dan Respiro Journey juga menggunakan bahan dasar polyester lho. Tapi IMHO, bahan Respiro Panama terasa lebih lembut, nggak kaku, dan lebih nyaman. Mungkin sama-sama polyester beda varian kali ya. Jujur aja Adventuriderz.com nggak begitu paham mengenai material jaket.

Ketika dipakai, Respiro Panama memang terasa nyaman dan fit di badan. Asyiknya, Respiro Panama sudah dilengkapi dengan soft protector CE 1621-1 di bagian siku dan pundak, sementara di bagian punggung belum ada protector-nya. Jelas fitur ini bikin rider merasa lebih aman, walaupun Adventuriderz.com sendiri jelas nggak mau coba membuktikan gimana fitur CE 1621-1 ini bekerja melindungi tubuh. Nah, sesuai dengan klaim Respiro, jaket ini benar-benar bisa melindungi tubuh dari terpaan angin karena dia bersifat windproof hingga 0 CFM (cubic feet per minute). Sampai-sampai angin benar-benar susah masuk ke dalam jaket, kecuali jika zipper kantong bagian atas dibuka. Itupun hembusan angin yang masuk nggak terlalu kencang. Buat touring jarak jauh dengan kecepatan tinggi seperti Xventure Ride kemarin sih cocok ya, nyaman-nyaman aja. Apalagi buat riding malam hari… Wuiih nyaman banget, dijamin anti masuk angin. Cuma kalau masuk ke wilayah perkotaan yang macet, badan jadi terasa gerah dan dipastikan keringat mengucur deras. Angin nggak bisa masuk bro!! Adventuriderz.com bahkan harus menurunkan zipper jaket sampai separo biar ada aliran udara yang masuk ke tubuh saat melintasi wilayah perkotaan. Kemudian buat dipakai di lintasan off road juga bikin sumuk… Wajar sih karena Respiro Panama nggak dirancang buat off road.

Selain punya fitur windproof, Respiro Panama juga bersifat waterproof. Namun nggak full waterproof kayak jas hujan ya. Melainkan bisa menahan air hujan hingga 5.000 MMWC (millimeters water column). Artinya, jaket masih bisa menahan hujan dengan intensitas rendah sampai sedang dalam jangka waktu tertentu. Kalau intensitas hujannya tinggi atau menembus hujan dalam jangka waktu lama sih jelas bakal nembus. Sayangnya Adventuriderz.com belum menguji sejauh mana fitur waterproof Respiro Panama bekerja karena waktu menggunakan jaket ini nggak ketemu hujan.

Terus gimana kesimpulannya? Respiro Panama cocok banget dipakai touring jarak jauh, baik itu siang atau malam hari. Apalagi buat yang doyan high speed dan night riding, dijamin nyaman banget. Anti masuk angin deh pakai jaket ini. Tapi kalau buat riding harian di kota yang umumnya macet, Respiro Panama bikin keringat bercucuran. IMHO kurang nyaman lantaran baju yang kita pakai bisa basah kuyup, meskipun sebenarnya masalah “hot” ini bisa disiasati dengan penggunaan base layer. So, buat bro sekalian yang tertarik membeli Respiro Panama, jaket ini bisa didapatkan di outlet-outlet penjualan Respiro dengan harga Rp 814.000. Cocok buat bro yang pengen punya jaket touring simple, minimalis, dan tanpa motif yang berlebihan. Semoga berguna!


Advertisements