AJP PR4 240 Enduro Segera Hadir di Tanah Air, Ini Kisaran Harganya!

Bro sekalian… Ada kabar yang cukup menarik dari Bruder Motorsport Internasional selaku distributor resmi Beta Motorcycles di Indonesia. Pasalnya dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi Bruder bakal menambah portfolio-nya dengan menjadi distributor resmi brand motor asal Portugal, AJP Motos. Adventuriderz.com belum mendapatkan konfirmasi kapan pastinya AJP Motos masuk ke Indonesia. Namun yang pasti tahun ini, dalam waktu dekat! Terus produk AJP yang mana saja yang diboyong oleh Bruder ke Indonesia??

Nah, Adventuriderz.com mendapatkan informasi dari punggawa Bruder Motorsport Internasional Bro Alberto Spadol bahwa pada tahap awal mereka bakal memasukkan AJP PR4 240 Enduro. Mungkin bro sekalian udah banyak yang kenal mengenai PR4 240 Enduro. Motor ini menggunakan mesin buatan Zongshen berkapasitas 233 cc, SOHC, 2-valve, dan berpendingin udara yang dibantu dengan pendingin oli. Asyiknya mesin yang tergolong sederhana ini bisa memuntahkan tenaga sebesar 20 HP dan torsi 17,6 Nm. Sudah lebih dari cukup lah untuk bersenang-seneng di medan off road…

Walaupun menggunakan mesin buatan China, tapi faktanya AJP PR4 240 Enduro menggunakan komponen-komponen dari brand ternama. Sebut saja handlebar pakai merek Reikon, clutch & brake lever pakai Reikon, gas buatan Domino, suspensi buatan Sach atau Marzocchi, sistem hidrolik rem dari BrakTec, brake rotors dari Galfer, ban Michelin S12 XC, hingga karburator pakai Keihin/Deni PZ30. Gimana, pakai part-part mentereng semua kan? Itu semua dikombinasikan dengan frame khas AJP yang bentuknya aneh namun nyatanya punya bobot yang enteng. Hasilnya, bobot total PR4 240 Enduro cuma sekitar 105 kg saja. Mesin sederhana dengan perawatan mudah tapi powerful dan torque, komponen-komponen dari brand ternama, serta bobot yang enteng membuat PR4 240 Enduro cukup layak untuk dilirik nih bro!

Saat ada motor baru yang bakal dirilis ke pasaran, salah satu yang bikin penasaran adalah harga. Terus berapa harga jual PR4 240 Enduro mas? Informasi masih berasal dari Beto (panggilan akrab Alberto Spadola), katanya PR4 240 Enduro mau dijual dengan kisaran harga Rp 75-78 juta. Itu harga on the road lengkap dengan surat-surat ya, bukan harga off the road. Soalnya Bruder memang memposisikan AJP sebagai leisure bike yang nggak cuma dipakai buat off road, tapi juga bisa dipakai on road. Ya boleh dibilang motor dual sport atau street legal off road gitu lah. Dengan harga segitu, PR4 240 Enduro bakal head-to-head dengan Honda CRF230F yang dijual oleh importir umum (IU). Apalagi basis mesin keduanya sangat mirip. Bedanya, CRF230F kebanyakan dijual off the road alias khusus buat off road aja. Nggak legal dipakai di jalan raya. Mahal? Ya harap maklum aja, ini motor dari Eropa. Sudah lazim motor garapan Eropa harganya mahal.

FYI aja nih bro… Sebenarnya rencana kehadiran AJP Motos di Indonesia via Bruder Motorsport Internasional udah lumayan lama. Sejak tahun lalu rencana ini berhembus cukup kencang. Bahkan AJP PR4 dan AJP PR5 sudah pernah nongol dalam website TPT uji tipe Kementerian Perindustrian. Sayangnya dengan adanya sejumlah kendala plus iklim ekonomi yang nggak menentu, rencana itu belum juga terealisasi. Mudah-mudahan sih tahun ini AJP benar-benar meramaikan pasar motor trail di Tanah Air. Oke, kita tunggu saja kehadiran AJP ya!

Advertisements