KTM Akan Perkenalkan Motor Enduro 2-Stroke EFI Pada Mei 2017



Brand motor asal Austria, KTM, akhirnya buka suara mengenai kehadiran motor enduro 2-stroke dengan sistem pembakaran injeksi (electronic fuel injection/EFI) setelah prototipenya sempat dites secara terbuka di ajang kompetisi enduro Roof of Africa 2016. Untuk sementara waktu, cuma motor enduro 2-stroke KTM 250 EXC dan KTM 300 EXC yang bakal dilengkapi dengan sistem EFI. Belum ada kabar apakah KTM 125 XC-W dan KTM 150 XC-W juga bakal menggunakan sistem EFI atau tidak.

Dikutip dari Enduro21.com, motor enduro 2-stroke yang bakal dilengkapi dengan sistem EFI diberi nama KTM 250 EXC TPI dan KTM 300 EXC TPI. Keduanya diperkenalkan ke pasaran sebagai lineup model year 2018. KTM sendiri memastikan bahwa KTM 250 EXC TPI dan KTM 300 EXC TPI akan diumumkan secara resmi kepada media dan publik pada bulan Mei 2017. Artinya kita tinggal menunggu sekitar dua bulan lagi sampai dengan KTM 250 EXC TPI dan KTM 300 EXC TPI lahir. Mungkin bro sekalian banyak yang penasaran, apa maksud dari TPI. Sekilas saja, TPI merupakan singkatan dari Transfer Port Inejction, sebuah sistem injeksi revolusioner yang diciptakan oleh KTM untuk mesin 2-stroke. KTM akan memberikan informasi panjang lebar mengenai TPI pada bulan Mei 2017 nanti.



“Kami sudah melakukan pengujian (motor enduro 2-stroke EFI) secara mendalam dan itu menjadi pertimbangan bagi tim R&D dalam memperhitungkan berbagai hal pada saat proses tersebut, jadi kami sangat termotivasi dengan langkah yang sangat besar ini dan ini adalah teknologi pertama di dunia (motor enduro 2-stroke dengan sistem EFI), seperti kami mengambil langkah maju yang besar di segmen ini,” ungkap KTM Product Marketing Manager Joachim Sauer.

Menariknya, nggak cuma KTM 250 EXC dan KTM 300 EXC saja yang mendapatkan sistem injeksi nih bro… Soalnya varian turunan dari keduanya, yaitu KTM 250 XC-W dan KTM 300 XC-W juga mendapatkan sistem pengabutan bahan bakar berteknologi tinggi itu. Hanya saja KTM 250 XC-W TPI dan KTM 300 XC-W TPI dijual dalam jumlah yang sangat terbatas di wilayah Amerika Serikat dan Kanada, sementara KTM 250 EXC TPI dan KTM 300 EXC TPI dijual secara merata di berbagai negara di dunia.

“Kami tentu saja berharap bisa meluncurkan KTM 250 EXC TPI dan KTM 300 EXC TPI model year 2018 pada bulan Mei 2017. Di Eropa, motor ini bakal tersedia di dealer-dealer pada awal musim panas tahun ini. Sedangkan di Amerika Serikat dan Kanada, motor baru KTM 250 XC-W TPI model year 2018 baru tersedia pada akhir musim gugur dalam jumlah yang sangat terbatas,” ungkap Sauer.

Nah, dalam keterangan resmi yang diberikan oleh KTM, motor enduro 2-stroke dengan sistem pembakaran injeksi memberikan sangat banyak keuntungan. Beberapa di antaranya adalah jauh lebih hemat bahan bakar ketimbang sistem pembakaran karbu, rider nggak perlu lagi mencampur oli dan bahan bakar secara manual, rider bisa mendapatkan pengalaman baru dalam hal power delivery dan rideability. Ini sekaligus membuktikan bahwa KTM sangat serius dalam mengembangkan motor off road, nggak terkecuali untuk varian mesin 2-stroke. Lebih menarik lagi karena dengan adanya sistem injeksi, masa hidup mesin 2-stroke di segmen motor off road masih sangat panjang.

“Ini merupakan perkembangan yang sangat menarik bagi KTM. Kami telah mengembangkan sistem pembakaran injeksi untuk mesin 2-stroke sejak beberapa waktu lalu, dan tujuan kami adalah menciptakan motor yang kompetitif dengan mengambil semua manfaat dari sistem pembakaran injeksi, yang sesuai dengan slogan kami READY TO RACE,” tutup Sauer.

Advertisements