Honda CB500X Laris – AHM: Motor Ini Memang Luar Biasa!

Angka penjualan motor adventure-tourer Honda CB500X memang cukup fenomenal sejak diluncurkan oleh Astra Honda Motor (AHM) di Indonesia pada pertengahan 2015 lalu. Dari tahun 2015 sampai dengan sekarang, CB500X terus merajai penjualan produk dalam lineup Honda Big Bike. Nggak tanggung-tanggung, CB500X berkontribusi lebih dari 50 persen atau sekitar 200-250 unit dari total penjualan Honda Big Bike di Tanah Air. Padahal selain CB500X, AHM juga menjual sejumlah lineup moge seperti CB500F, CBR500R, CB650F, CBR650F, CBR1000RR SP, dan NM4 Vultus. Belakangan AHM juga meluncurkan CRF1000L Africa Twin dan Rebel 500.

General Manager Divisi Penjualan PT Astra Honda Motor Pak Thomas Wijaya sendiri mengakui bahwa CB500X merupakan motor yang luar biasa untuk ukuran big bike. Padahal harga motor ini juga nggak murah-murah amat. Di Jakarta, CB500X dibandrol dengan harga sekitar Rp 147,3 juta on the road. Masih menurut Pak Thomas Wijaya, motor adventure cukup diminati di Indonesia dan pasarnya terus mengalami pertumbuhan. Banyak orang menggunakan motor adventure untuk kendaraan harian maupun touring karena motor jenis ini menawarkan kenyamanan yang jauh lebih baik ketimbang motor sport.

“Motor ini memang luar biasa, kalau kami tela’ah motor dengan gaya adventure ternyata cukup diminati dan berkembang. Sehingga konsumen mencari motor yang nyaman dikendarai baik di dalam kota maupun touring. Berbeda dengan model sport berfairing yang gaya berkendaranya mirip motor balap, karena kondisi jalan di Indonesia yang ramai bahkan cenderung padat, sehingga kalau dipakai touring dan harian mungkin (motor sport) kurang nyaman,” ungkap Pak Thomas.

Sekarang CB500X yang notabene motor adventure 471 cc dua silinder, DOHC, dan berpendingin cairan sudah terbukti laris-manis. AHM pun amat sangat sadar kalau motor adventure cukup diminati oleh konsumen. Apalagi market-nya dari tahun ke tahun terus menggelembung. Apakah AHM nggak berminat bikin motor adventure 250 cc dua silinder dari basis mesin CBR250RR? Kalau AHM mau, mestinya nggak sulit ya bikin motor adventure 250 cc dua silinder. Konsepnya lebih cenderung sebagai motor adventure on road oriented. Sebut saja namanya dengan CB250X. Beda dengan CRF250RALLY yang tergolong sebagai motor adventure off road oriented. Misalnya beneran dibikin, CB250X bisa jadi lawan sepadan bagi Kawasaki Versys-X 250!

Advertisements