• Home »
  • Article »
  • KTM Pasang Injeksi di Mesin 2-Stroke, Pabrikan Lain Segera Menyusul??

KTM Pasang Injeksi di Mesin 2-Stroke, Pabrikan Lain Segera Menyusul??



KTM sudah memberikan konfirmasi bakal memasang sistem pembakaran injeksi yang diberi nama Transfer Port Injection (TPI) pada mesin motor enduro 2-stroke. TPI diklaim oleh KTM sebagai sistem pembakaran injeksi revolusioner yang dirancang khusus bagi mesin 2-stroke. Beberapa motor enduro 2-stroke yang mendapatkan sistem TPI antara lain KTM 250 EXC TPI, KTM 300 EXC TPI, KTM 250 XC-W TPI, dan KTM 300 XC-W TPI. Motor-motor itu diperkenalkan sebagai lineup model year 2018 kepada media internasional pada 15 Mei 2017 mendatang. Lantas, apakah langkah KTM memasang sistem injeksi pada mesin 2-stroke bakal diikuti oleh pabrikan-pabrikan lainnya?

Upaya KTM memasang sistem injeksi pada mesin motor enduro 2-stroke adalah agar varian ini terhindar dari ancaman regulasi emisi Euro 4 yang berlaku sejak tahun 2017 dan Euro 5 berlaku pada tahun 2020 mendatang. KTM menilai mustahil membuat mesin 2-stroke lolos regulasi Euro 4 dan Euro 5 tanpa menerapkan sistem injeksi. Memang kenapa mesti mengikuti regulasi Euro 4 dan Euro 5? Ya biar motor enduro 2-stroke dari KTM tetap bisa dijual secara street legal, bisa dipakai di jalan raya, nggak cuma dipakai buat off road. Soalnya porsi penjualan motor off road street legal di Eropa masih cukup tinggi. Tanpa dibuat street legal, penjualan motor enduro 2-stroke relatif sedikit, ruang geraknya terbatas, dan itu jelas mengancam kehidupan motor enduro 2-stroke. Padahal penggila motor enduro 2-stroke masih banyak.

Dalam memproduksi produk, pastinya sebuah brand mengutamakan profit. Saat motor nggak bisa dijual karena hambatan regulasi emisi, maka langkah yang diambil adalah dengan menyuntik mati. Tapi KTM mengambil langkah berbeda dengan memperpanjang masa hidup motor enduro 2-stroke yang dikenal ngebul ini dengan memasang sistem injeksi agar motor lebih ramah lingkungan dan hemat bahan bakar. Bukan rahasia lagi, fans motor enduro 2-stroke masih sangat tinggi. Alasannya, motor enduro bermesin 2-stroke punya bobot enteng, tapi tenaga dan torsinya sangat bengis. Apalagi juara-juara kompetisi hard enduro dunia semuanya menggunakan mesin 2-stroke!



Nah, pabrikan selain KTM yang bisa dipastikan menggunakan sistem injeksi pada motor enduro 2-stroke adalah Husqvarna. Itu memang nggak mengherankan lah… Sejak jadi anak perusahaan KTM, Husky menggunakan basis mesin, frame, dan teknologi yang sama dengan KTM. Penggunaan sistem TPI pada mesin 2-stroke KTM dipastikan bakal merambah ke produk Husky. Beberapa produk Husky yang positif pakai TPI adalah Husky TE 250 dan Husky TE 300. Bukan mustahil merembet juga ke Husky TX 250 dan Husky TX 300 yang notabene masuk ke dalam kategori motor enduro cross country atau enduro competition.

Bagaimana dengan pabrikan lain? Di luar KTM dan Husky, sepertinya belum ada kabar mengenai pabrikan lain yang ingin menggunakan sistem injeksi pada motor enduro 2-stroke. Sherco, Beta, Gas Gas, dan Yamaha adalah beberapa pabrikan motor yang punya mesin 2-stroke pada motor enduro. Tapi semuanya masih enjoy dengan sistem pembakaran karburator. Beta misalnya, sudah comply dengan regulasi Euro 4 dengan menerapkan teknologi automatic oil injection, meskipun tetap mempertahankan sistem pembakaran karburator. Dengan begitu, Beta sudah bisa menjual motor enduro 2-stroke Beta Xtrainer 250/300 dan Beta RR 2T 250/300 secara street legal. Sedangkan Yamaha dari awal nggak berniat membuat motor enduro 2-stroke, YZ250X, menjadi motor street legal. YZ250X difokuskan sebagai motor khusus off road, enduro cross country, maupun enduro competition, sehingga nggak butuh comply dengan Euro 4. So, KTM, Husky, Beta, dan Yamaha nggak ada masalah dengan Euro 4 terkait dengan produk enduro 2-stroke. Menarik untuk disimak bagaimana langkah yang akan diambil Sherco dan Gas Gas menghadapi Euro 4 dan Euro 5. Apakah dua pabrikan ini nggak tertarik menjual motor enduro 2-stroke secara street legal seperti yang dilakukan Yamaha? Atau mungkin nanti bakal ada gebrakan besar dari Sherco dan Gas Gas biar mesin 2-stroke lolos Euro 4? Kita tunggu saja!

Advertisements