Pertanyaan Pembaca: Apakah Motor Trail Enak Buat Boncengan??

Bro sekalian… Adventuriderz.com baru saja mendapatkan kiriman email dari salah seorang silent reader. Sebut saja namanya Mas OB. Doi ini pengen beli motor trail dual sport atau enduro. Salah satu yang menjadi incaran adalah Viar Cross X series yang memang harganya lumayan terjangkau. Dalam angan-angannya, Mas OB ingin memasang ban dual purpose Swallow SB 117 dengan mempertahankan velg asli Cross X karena motor ini rencananya bakal dipakai untuk kendaraan harian. Sayangnya Mas OB masih galau dan penasaran, apakah motor trail itu nyaman dipakai untuk berboncengan? Maklum saja bro, umumnya kendaraan harian tetap dipakai untuk berboncengan. Walaupun nggak rutin, paling nggak sesekali dipakai boncengan itu lumrah. Rasanya sulit, kalau nggak mau dibilang mustahil, motor harian nggak dipakai buat boncengan sama sekali. Berikut isi email lengkap dari Mas OB. Tentu saja dengan sedikit edit biar rapi!

Selamat pagi Mas Tyo… Saya OB (sebut saja begitu), saya salah satu silent reader blog Adventuriderz.com. Saya mau tanya mas, sebelumnya saya sudah baca artikel Mas Tyo di Adventuriderz.com tentang tips sebelum memilih motor trail. Selain dari semua ulasan yang disebutkan, ada sedikit pertanyaan di pikiran saya, motor trail dual sport atau enduro itu cocokkah buat boncengan?

Saya sebenarnya sudah lama tertarik dengan motor dua alam ini. Mulai dari searching di Kaskus sampai dengan ketemu blog Adventuriderz.com. Tapi saya belum ketemu jawabannya, apakah ini cocok digunakan berboncengan.

Saya membayangkan memboyong motor Cross X-nya Viar dengan konfigurasi ban Swallow SB 117 dengan mempertahankan velg bawaan dan penggunaan sprocket gear yang dikurangi ukurannya untuk kendaraan harian. Sekian mas, maaf ya terlalu panjang curhatnya. Semoga mendapatkan pencerahan dari Mas Tyo.

Salam satu jalur

Sebenarnya pertanyaan dari Mas OB sangat gampang dijawab. Tapi Adventuriderz.com sengaja membuat postingan di blog biar temen-temen lain yang punya pertanyaan serupa nggak kebingungan dalam mencari jawaban. Apalagi Mas OB sudah mencari ke sana-sini belum juga mendapatkan jawaban. Oke, jawaban Adventuriderz.com mengenai nyaman atau tidak motor trail dipakai berboncengan? Jawabannya amat sangat jelas, TIDAK NYAMAN!! Pada dasarnya motor trail memang tidak dirancang untuk berboncengan. Joknya sempit, tipis, dan lumayan keras. Terutama pada jok boncenger itu sangat tipis. Buat rider-nya aja bikin lelah ketika dipakai jarak jauh. Apalagi buat boncenger, dipastikan bikin bokong ngilu… Tapi lihat-lihat jarak tempuhnya juga ya. Kalau cuma buat boncengan sebagai kendaraan komuter di kota dengan jarak 10-20 km masih bisa ditoleransi lah. Buat boncengan jarak jauh sangat tidak recommended. Semoga nggak bimbang lagi ya mas… Hehehe…

Advertisements