• Home »
  • Article »
  • Wuiiih… Yamaha Terang-Terangan Mau Rakit Motor Trail di Indonesia!

Wuiiih… Yamaha Terang-Terangan Mau Rakit Motor Trail di Indonesia!



Keluarnya Honda CRF250RALLY dan rencana kemunculan Honda CRF150L oleh Astra Honda Motor (AHM) kayaknya mulai bikin gerah Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) nih bro… Pabrikan motor dengan logo garputala itupun langsung menyatakan sedang mempelajari dan mendalami segmen motor trail. Yamaha yakin market motor trail di Indonesia bakal semakin berkembang, sehingga nggak menutup kemungkinan kalau Yamaha bakal merakit/memproduksi motor trail di Tanah Air.

Senior General Manager Marketing YIMM Pak Hendri Wijaya mengatakan bahwa Yamaha bakal memberikan kejutan di segmen motor trail karena pabrik Yamaha di Indonesia punya kemampuan untuk memproduksi motor jenis tersebut. Sayangnya, Pak Hendri masih bungkam mengenai model apa yang akan diproduksi Yamaha untuk market Indonesia. Tapi kalau yang ditujukan adalah market Indonesia dengan volume penjualan lumayan besar, pastinya yang diproduksi oleh Yamaha Indonesia adalah motor trail entry level. Mungkinkah nantinya bakal ada motor trail entry level bermesin V-Ixion??

“Modelnya belum bisa kita bocorkan. Tunggu saja kejutannya. Kita sudah punya strategi dan kita tidak akan tinggal diam begitu saja. Tetapi, strategi itu belum bisa kita informasikan sekarang. Tunggu saja,” ungkap Pak Hendri Wijaya.



Pernyataan dari Pak Hendri Wijaya itu boleh dibilang sebagai progres yang cukup mengejutkan. Padahal sebelumnya Yamaha selalu memberikan pernyataan tidak akan memproduksi motor trail di Indonesia karena pasarnya terlalu sedikit. Namun dengan adanya pernyataan itu, setidaknya memberikan angin surga bagi para penggemar motor trail yang sudah lama mendambakan alternatif motor trail lain selain Kawasaki KLX150 yang harganya kian menggila dengan performa seadanya.

Market motor trail entry level 150 cc sekarang ini memang dikuasai oleh Kawasaki Motor Indonesia lewat KLX150. Penjualannya cukup menggiurkan, sekitar 6.000-7.000 unit per bulan. Selain laris di kalangan konsumen umum, KLX150 juga cukup diminati sebagai kendaraan dinas instansi pemerintah maupun swasta. AHM belakangan digadang-gadang sedang mempersiapkan CRF150L sebagai penantang serius bagi KLX150. Jika Yamaha mau masuk di segmen motor trail entry level dengan mengandalkan WR150R bermesin V-Ixion, maka persaingan bakal semakin seru. Motor trail di jalanan dan event-event nggak cuma didominasi oleh warna hijau, tapi bisa lebih beragam dengan tambahan warna merah dan biru!

Advertisements